Jumat, 01 Februari 2013

JIWA YANG TENANG KE 1

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,

Alahmdulillaah kita jumpa dengan BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR'AN  semoga perjumpaan kita ini akan membawa manfaat dan Allah akan semakin meridoi kita semua .Aaaamiin ya rabbal 'aalamiin. dan tak lupa kami persembahkan segala puja dan puji syukur kepada Allah swt pemilik dan penguasa alam semesta.

Semoga solawat dan salam ta'zim kami Allah sampaikan kepada kekasihNya, utusanNya, baginda yang mulia, junjungan kita semua, makhluk yang paling mulia di dunia dan merupakan suri tauladan bagi kita semua Nabi Muhammad Rasuulullah saw, kepada keluarganya, para sahabatnya dan kepada para pengikutnya yang masih setia sampai akhir zaman, Insya Allah kita termasuk di dalamnya.

Para sahabat semuanya, manusia hidup itu yang dibutuhkan adalah ketenangan, ketentraman, kesejahteraan, keselamatan. Hal ini akan terwujud kalau kita semua menyadari bahwa Allah swt itu Maha Adil artinya tidak ada seorang makhluk pun ditelantarkan, semuanya dikasih rezki dari makhluk yang paling besar sampai ke binatang yang paling kecil, semuanya dikasih rezki oleh Allah.


Janganlah kita memikirkan masalah atau perkara yang belum terjadi. Mengapa begitu ? Sebab kalau dipikirkan akan membuat pikiran kita menjadi risau, hati menjadi kacau balau, dan disaat-saat beginilah syaitan punya peluang  untuk menggerogoti dan menggoncangkan iman kita.

Contoh, misalnya kita berangan-angan untuk kebutuhan besok, untuk bulan yang akan datang, atau kebutuhan ini, kebutuhan itu yang kesemuanya itu sebenarnya ada pada genggaman Allah. Oleh karena itu kita tidak perlu risau, resah dan gelisah akan tetapi sebaliknya  kita harus bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benar tawakal, dan pasti Allah akan menemui kita. Kita harus bisa menenangkan jiwa kita dari urusan dunia. janganlah kita ikut-ikutan memikirkan apa yang telah dijanjikan Allah.

Rasulullah saw bersabda, "Seandainya kamu semua bertawakal kepada Allah, dan berserah diri sepenuhnya, maka kamu akan dapat rezki seperti rezkinya burung-burung pergi di suatu pagi dalam keadaan lapar dan kembali di sore hari dalam keadaan perut kenyang"

Allah berfirman di dalam Al Qur'an surat At h Thalaq ayat 3 yang berbunyi :

"wamayyatawakkal 'alallaahi fahuwa hasbuh" yang artinya  "barangsiapa yang bertawakal ( berserah diri ) kepada Allah, maka Allah akan mencukupi keperluannya"

Apabila kita dapat menghayati dan memahami hadits dan ayat di atas, maka jiwa kita akan tenang dan ketenangan ini akan di dapat semenjak kita masih berada di dunia sampai  ke akhirat. Dan pada saat di akhirat Allah akan memanggilnya sebagaimana FirmanNya dalam Al Qur'an surat Al Fajr ayat 27 - 30 yaiyu:

"Yaa ayyatuhannafsul muthmainnah . irji'iiii ilaa robbiki roodhiyyatam mardhiyyah  fadkhulii fii 'ibaadii  wad khulii jannatii" yang artinya sebagai berikut :  "Wahai, jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridoiNya. Maka masuklah kedalam jama'ah hamba-hambaKu dan masuklah ke dalam surgaKu"

Sungguh alangkah sopannya memanggil hambaNya dengan penuh suka cita. Dan sungguh Allah itu tidak pernah ingkar janji.Walaupun kebanyakan manusia  tidak percaya pada janji-janji Allah yang telah banyak  yang tercantum di dalam Al Qur'an. Mereka lebih percaya pada janji manusia .Contoh seperti terhadap penguasa atau pejabat dengan secarik kertas yang dibubuhi dengan stempel atau tanda tangan mereka, manusia benar-benar mempercayainya. Alangkah celakanya orang-orang seperti itu, karena imannya diletakkan ke dalam tempat yang lemah, bahkan imannya telah hilang.

Barakallaahufiikum.............salam santun kami untuk para sahabat , semoga tulisan ini akan bermanfaat dan dapat diambil hikmahnya serta dapat mendobrak atau membuka hati kita semua yang telah lama terkunci......Andaikan ada tulisan atau kata yang salah, mutlak kesalahan kami......Ya Allah ampuni kami akan hal itu...........Dan sebelum mengakhiri ini marilah kita bersama-sama bersihkan dan sucikan hati, jiwa dan akal fikiran kita dan memohon ampun kepada Allah, bertobat dan berserah diri kepadaNya. dengan mengucapkan :

Laa ilaaha illallaah  Muhammadarrosuulullaah saw. Allahu Akbar  Subhanallaah  Subhanakallaahumma wabihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa'atuubu ilaik

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar