Jumat, 01 Februari 2013

JIWA YANG TENANG KE 3

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,

Salam jumpa lagi kepada para sahabat semua ke pondok BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR'AN dan kali ini kita masih melanjutkan topik Jiwa Yang Tenang bagian yang terakhir.

  • Kita harus menyadari dan memahami sebagai makhluk Allah yang mempunyai misi dan tanggung jawab untuk mengabdi dan tunduk kepada Allah sesuai dengan firmanNya di dalam Q.S Adz Dzariyaat ayat 56 yang berbunyi  "Wamaa kholaqtul jinna wal insa illa liya'buduun"   yang artinya  "Dan tidaklah Aku jadikan jin dan manusia kecuali hanya untuk mengabdi kepadaKu"
  • Segala persoalan hidup yang paling baik adalah serahkan secara bulat dan utuh kepada Allah, pasti Allah akan menjamin setiap hambaNya yang berserah diri kepadaNya, sesuai dengan firman Allah di dalam Q.S Ath Thalaq ayat 3 yang berbunyi , "Wamayyatawakkal 'alallaahi fahuwa hasbuh"  yang artinya  "Dan barang siapa yang berserah diri kepada Alllah, maka Allah akan mencukupinya".
  • Kita harus menyadari dan memahami bahwa sebelum manusia dilahirkan ke dunia, semuanya sudah diatur dan ditentukan oleh Allah tentang rezkinya, ajalnya, amal perbuatannya, dan baik buruknya.
  • Dimanapun kita berada dan kemanapun kita pergi apakah dalam keadaan ramai ataupun dalam keadaan sepi,  takutlah hanya kepada Allah , maka pasti Allah akan menunjjukkan jalan yang lurus. Sesuai dengan firmanNya di dalam  Q.S Ath Thalaq ayat 2 ,  "Wamayyattaqillaaha yaj'al lahuu makhrojaa."  yang artinya  "Dan barang siapa yang takut kepada Allah, pasti Al;lah akan memberinya jalan untuk keluar (dari masalah)".  Dan Q.S Ath Thalaq ayat 4  ,  "Wamayyattaqillaaha yaj'al lahuu min amrihii yusron "  yang artinya "Dan barang siapa yang takut kepada Allah, Tuhan akan memberikan kemudahan dalam segala urusan yang dihadapinya"    Dan Rasulullaah saw pun bersabda , "Takutlah kamu kepada Allah dimana kamu berada, dan tutuplah amal yang jelek dengan amal yang baik, pasti Dia akan menghapus kejelekannya; dan bergaullah dengan manusia yang budi pekerti yang bagus ( Al Hadits).
  • Janganlah kita lupa dalam segala hal, dalam setiap langkah, dalam setiap perbuatan, awali lah dengan berdoa kepada Allah, agar apapun yang didapat akan mendapat berkah dan Allah pasti menolongnya sesuai dengan firmanNya di dalam Q.S Al Mu'min ayat 60 yang berbunyi , " ud'uuniiii astajib lakum"   yang artinya  " Berdoalah kepada Ku ,pasti Aku kabulkan do'a mu "
  • Pahamilah dan sadarilah musibah yang telah menimpa kita itu, sudah menjadi suratan taqdir Allah sebelum manusia lahir sesuai dengan firmanNya di dalam Q.S Al Hadiid ayat 22 -  23 yang berbunyi , "maa ashooba mimmushiibatin fil ardhi wala fiiii anfusikum illaa fii kitaabim minqobli an nabroohaa.  inna dzaalika 'alalallaahi yasiirun likailann ta'sau 'alaa maa takum walaa tafrohuu bimaaa aataakum , wallaahu laa yuhibbu kulla mukhtaalin fakhuur "  yang artinya   " Tiada suatu bencana apapun  yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab ( Lauhul Mahfudh ), sesungguhnya yang demikian itu mudah bagi Allah. Kami jelaskan yang demikian itu supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan Allah kepadamu dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri "
Ketahuilah sebaik-baik ibadah adalah menerima dengan senang hati apa yang sudah menjadi ketetapan Allah. Boleh saja kita bebas berangan-angan mengenai sesuatu yang belum terjadi. Ingatlah dan Camkan , seseorang yang membanggakan ikhtiarnya dan membanggakan angan-angannya dalam mengurus urusan duniawi itu sungguh akan mengalami kecelakaan, karena telah melakukan kekeliruan yang sangat besar. mengapa demikian ? Karena angan-angan itu adalah menurut hawa nafsunya sendiri, sehingga lupa atau bahkan melupakan aturan Allah, akhirnya dia mati dalam keadaan kafir.

Baarakallaahufiikum..............salam santun kami untuk para sahabat semua.........semoga tulisan ini ada manfaatnya dan dapat diambil hikmahnya serta dapat mendobrak hati, jiwa dan akal fikiran kita yang selama ini telah terkunci........Andaikan ada tulisan atau kata yang salah, itu mutlak kesalahan kami..........Ya Allah ampunilah akan hal itu..............dan seperti biasa sebelum kita berpisah marilah bersihkan dan sucikan hati, jiwa dan akal fikiran kita untuk bersama-sama memohon ampunan Allah, bertobat dan berserah diri kepadaNya dengan mengucapkan

Laa ilaaha illallaah  Muhammadurasuulullah  Subhanaallaah  Subhanakallaahumma wabihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa'atuubu ilaik

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar