Minggu, 03 Februari 2013

KEUTAMAAN BERMURAH HATI ke 1

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh,

Salah satu dari berbuat kebaikan adalah sifat bermurah hati. Dan sifat ini merupakan ciri dari orang yang beriman, yaitu orang yang di dalam menjalani kehidupannya sehari-hari selalu taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah. Kemudian hati mereka lemah lembut kepada setiap orang sehingga rohmat Allah selalu dekat dengan mereka.

Sikap murah hati ini wajib dilaksanakan oleh setiap  muslim secara kontinyu, tidak terputus ( istiqomah ), Hal ini merupakan perbuatan sosial yang perlu dilestarikan dan dibudayakan. Sikap murah hati ini bisa diwujudkan dalam bentuk pengorbanan harta benda, bersedekah kepada orang lain yang membutuhkannya, atau bisa juga menyumbangkan tenaga dan fikiran kepada orang lain.

Dalam kehidupan sehari-hari sikap murah hati ini dapat menumbuhkan keakraban dan saling merasa seakan-akan sesama saudar, senasib dan sepenanggungan. Sikap murah hati ini akan berujung kepada prilaku terpuji yakni akhirnya muncul cinta sesama manusia, terutama sesama mukmin.Belum dikatakan mukminapabila diantara sesama muslim tersebut tidak saling menyayangi. Rasuluullaah saw bersabda , " Tidak beriman salah seorang diantara kamu, hingga ia mencintai saudaranya ( sesama muslim ) seperti halnya mencintai dirinya sendiri " ( H.R Bukhari )

Cinta dan kasih sayang terhadap sesama muslim atau mukmin tidak sebatas pada ucapan belaka, akan tetapi harus dibuktikan dengan sikap dan prilaku, misalnya dengan cara bersedekah dan lain-lainnya. Karena pada hakekatnya dalam ajaran Islam, harta benda yang dimiliki seseorang itu bukan mutlak milik sendiri, tetapi yang sebagian lagi adalah milik orang lain yaitu anak-anak yatim dan fakir miskin.

Allah berfirman dalam Q.S Al Baqarah 2 : 262 yang artinya sebagai berikut :
"Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jjalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti ( perasaan si penerima ), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak ( pula ) mereka bersedih hati"

Dari ayat di atas  Allah akan memberikan tiga hal kepada mereka yang menafkahkan hartanya baik siang maupun malam dengan secara sembunyi-sembunyi atau terang-terangan sesuai dengan yang dianjurkan Allah yaitu;

  1. akan diberinya pahala untuk bekal kelak di akhirat dan keperluan hidup di dunia;
  2. rasa khawatir dihilangkan digantikan dengan keyakinan;
  3. rasa sedih dihilangkan dan digantikan dengan ketenangan, ketentraman, kedamaian.
Sungguh alangkah indahnya ajaran dan aturan Islam itu. Agama Islam mendidik manusia agar berjiwa sosial yang tinggi, memperhatikan penderitaan fakir miskin dan menyantuni anak-anak yatim atau yatim piatu. Maka bagi orang kaya yang memiliki kelebihan harta dianjurkan untuk membantu meringankan beban mereka, dengan tujjuan mencegah orang lain berbuat keburukkan sekalipun mereka belum mampu melaksanakannya atau belum mampu menghentikannya. 

Dan Firman Allah dalam Q.S At Taubah 9 : 71 yang artinya sebagai berikut
"Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagiannmereka ( adalah ) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh ( mengerjakan ) yang ma'ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, dan mereka taat kepada Allah dan rasulNya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah, sesungguhnya Allah itu Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana"

Dari ayat di atas Allah akan memberikan rohmat kepada orang-orang yang
  1. yang kuat membantu yang lemah, yang kaya membantu yang miskin, yang pandai membantu yang bodoh , dll;
  2. mengajak orang lain untuk berbuat kebaikan dan mengingatkan orang lain untuk menjauhi perbuatan yang buruk, yang akan merugikan dirinys sendiri maupun orang bnysk;
  3. mengajak, menuntun orang lain untuk melaksanakan shalat;
  4. mengajak orang lain untuk mengeluarkan sebagian dari hartanya sebagai zakat untuk diberikan atau dibagikan kepada yang berhak;
  5. mengajak untuk mentaati Allah dan mengikuti petunjuk rasulNya
Barakallaahufiikum...........salam santun kami untuk para sahabat semua..........semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat diambil hikmahnya serta dapat membuka hati kita semua yang selama ini telah terkunci...........Andaikan ada tulisan atau kata yang salah, itu adalah kesalahan kami. dan..... Ya Allah kami memohon ampunan atas hal tersebut..........Dan sebelum berpisah marilah kita bersama-sama membersihkan dan mensucikan hati, jiwa dan nurani kita, bertobat dan berserah diri kepadaNya dengan mengucapkan

Laa ilaaha illallaah Muhammadurrasuulullaah. Allahu Akbar Subhanallaah Subhanakallaahumma Wabihamdika Asyhadu Alla Ilaaha Illa Anta Astaghfiruka Wa'atuubu ilaik.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar