Jumat, 19 April 2013

BILA IZRAIL AS DATANG MEMANGGIL

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Salam dan bahagia,

Salam jumpa kembali bersama Butir Uraian Ayat Ayat Al Qur'an dan Refleksialamalquran.

Berikut ini adalah suatu kisah yang mengandung berkah dibalik membaca Bismillah

Ada seorang wanita tua yang sangat  taat beragama, dia benar-benar mematuhi segala perintah Allah, dan apa yang dilarang oleh Allah dijauhinya. Akan tetapi sebaliknya suaminya berlawanan dengannya, Suaminya adalah orang yang menentang segala keyakinan istrinya.,tidak mau mengerjakan kewajiban agama, dan tidak mau berbuat kebaikan kepada siapapun, dia sungguh benar-benar munafik.

Prilaku wanita tersebut setiap apapun yang akan dikerjakan selalu diawali membaca bismillah dan apabila sudah selesai dia membaca alhamdulillah. Dengan sikap seperti itu kebencian suaminya makin menjadi-jadi. Dan pada suatu hari suaminya ingin menjatuhkan atau merusak keyakinan istrinya, setelah dia pergi beberapa hari, dia pulang ke rumah. Setelah makan dan minum selesai dipanggilah istrinya dengan sikap berpura-pura halus dan sopan. Istrinyapun melihat sikap suaminya seperti itu, ada rasa gembira, kaget dan bercampur aneh. Ada apa sih sebenarnya yang sedang terjadi pada suamiku, gumam si wanita, tapi ya sudahlah aku gak mau banyak pikiran, mudah-mudahan aja dia robah beneran.
Istriku, suaminya mulai angkat bicara "setelah bekerja beberapa hari, aku mendapatkan rezki uang banyak, maka uang ini akan aku serahkan kepadamu semuanya, aku tidak ambil sepeserpun. Setelah aku serahkan uang ini kepadamu jagalah, dan gunakan seperlunya, jangan dihambur-hambur untuk membeli yang tidak ada manfaatnya." " Baiklah suamiku, kemudian wanita  itu berdoa 'Ya Allah aku ucapkan terima kasih yang tidak terhingga atas pemberianMu untukku berupa uang yang Engkau titipkan kepada suammiku. Dan aku berjanji untuk menjaganya sesuai dengan ucapan yang Engkau titipkan kepada suamiku. Dan selama kami belum membutuhkan ,Ya Allah, uang ini akan aku simpan baik-baik " Kemudian dia mengambil kotak tabungan, lalu memasukkan uang itu ke dalam kotak, terus dia menyimpannya di dalam lemari.

Mendengar ucapan istrinya itu, suaminya bukan semakin senang, akan tetapi semakin membenci prilaku istrinya. " Awas aja akan aku kerjai kamu " kata suaminya di dalam hati. Dan pada suatu hari selagi istrinya mencuci pakaian di belakang, tiba tiba saja suaminya terbangun dari tidur, dan setelah duduk sebentar, dia berfikir inilah saatnya untuk mengerjai istrinya. Lalu uang yang ada di dalam kotak itu diambilnya semua, kemudian dia pindahkan ke pundi-pundi. Setelah itu dia pura-pura tidur lagi, seolah-olah tidak tterjadi apa-apa. Beberapa hari kemudian dia memanggil istrinya dan mengatakan bahwa uang yang disimpan oleh istrinya itu akan diambil untuk membeli sesuatu guna keperluan bersama. Istrinyapun setuju, lalu diambillah kotak tabungan itu dibawa dan diletakkan dihadapan suaminya. " Silahkan suamiku ambil aja semuanya, barangkali kurang, agar tidak bolak balik " kata istrinya. " Oh nggak, kamu aja yang ambil. Kan waktu itu sudah kuserahkan kepadamu, jadi sudah bukan milikku lagi, tetapi milikmu " jawab suaminya. " Baiklah. Dengan perlahan-lahan diambilnya kotak itu dan dibukanya sambil mengucapkan bismillah. Apakah yang terjadi ?

Sungguh menakjubkan ternyata uang yang sudah dipindahkan oleh suaminya kepundi-pundi sudah berada di dalam kotak itu kembali. Dan dengan kejadian itu akhirnya suaminya menjadi sadar dan berbalik 180 derajat. Dia minta maaf kepada istrinya atas segala kesalahan yang telah diperbuatnya dan berjanji mulai saat itu dia akan mematuhi segala perintah Allah dan menjauhi apa yang dilarang oleh Allah. Dan istrinyapun merasa sukacita dengan sikap suaminya itu.

Namun untung tak dapat diraih malang tak dapat ditolak, tiga hari kemudian suaminya meninggal dunia, karena kontraknya di dunia sudah selesai

Para sahabat semua dari cerita ini kita dapat mengambil pelajaran bahwa

1. Sebagai seorang suami seharusnya bisa mendidik istri dan anak-anaknya dalam hal agama ; kalau tidak maka sungguh berdosa besar yang akan dipikulnya.

2. Sebagai seorang istri juga harus berbakti kepada suami, menghormati suami, menyayangi suami, menghargai suami,Walaupun suaminya itu tidak taat agama, namun dengan tidak putus asa akhirnya doa istrinya agar suaminya berubah prilakunya menjadi baik, dikabulkan oleh Allah. Ini benar-benar istri yang solehah.

3. Kematian itu akan mendatangi siapa saja apabila waktunya telah tiba, tapi sayangnya, tidak diberitahukan datangnya dari arah mana, kapan waktunya, dan dalam keadaan apa. Apabila malaikat pencabut nyawa Izrail datang, siap tidak siap, suka, tidak suka, mau tidak mau , harus menerima keadaan itu. Tidak bisa diprotes, tidak bisa diperpanjang dan juga ttidak bisa diperpendek.

Para sahabat semua semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat diambil hikmahnya serta dapat membuka hati, jiwa dan akal kita yang selama ini telah tertutup,.Apabila ada salah kata atau tulis, itu adalah kesalahan kami dan Ya Allah maafkanlah atas hal tersebut. Dan marilah kita bersihkan hati, jiwa da akal fikiran kita dengan membaca

Laa ilaaha ilallaah Muhammadurrasuulullaah saw. Allaahu Akbar  Subhanallaah  Subhanallaah Wabihamdihi  Subhanallaah 'Al 'Azhiim  Subhanakallaahuhumma wabihamdika asyhadu anlaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa'atuubu ilaik.

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Salam dan bahagia

Penulis                : Ki Kartawijaya  Al Adiyat
Pekerjaan           : Anggota Perguruan Tamansiswa Cabang Cirebon



Tidak ada komentar:

Posting Komentar