Kamis, 25 April 2013

KEWAJIBAN MEMBACA



Assalamu’’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Salam dan bahagia

Salam jumpa kembali dengan BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR’AN dan REFLEKSIALAMALQUR’AN

Allah berfirman di dalam QS Al Alaq 96 : 1 – 5 yang berbunyi sebagai berikut  , “ Iqro’ bismi robbikal-ladzii kholaq  .  Khlaqol insaana min ‘alaq . Iqro’ wa robbukal akrom . Alladzii ‘allama bil qolam . “Allamal insaana maalam ya’lam  “ yang artinya  sebagai berikut ,  “ Bacalah dengan ( menyebut ) nama Tuhanmu Yang menciptakan .  Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah . Bacalah , dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah ,  Yang mengajar ( manusia ) dengan perantaraan kalam . Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahinya “

Para sahabat sekalian pada ayat ayat di atas Allah telah memerintahkan kepada Nabi Muhamammad ( manusia ), agar membaca dengan menyebut nama Allah, Tuhan Yang Maha Mulia, Yang telah menciptakan manusia dari segumpal darah.

Dengan membaca apa yang tadinya belum tahu menjadi tahu, yang tadinya belum mengerti menjadi mengerti, akan menambah ilmu pengetahuan, akan menambah wawasan, akan dapat mengungkap rahasia rahasia alam yang telah diciptakan Allah, akan mengetahui kebesaran dan kekuasaan Allah.

Sungguh Allah sangatlah senang kalau kita gunakan mata kita untuk membaca buku-buku agama, ilmu pengetahuan dan teknologi ,untuk membaca tanda tanda Kebesaran dan Kekuasaan Allah yang ada di alam semesta ini guna untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Dan membaca ini merupakan suatu bentuk ibadah, sebagai tambahan lahan amal kebajikan untuk bekal kelak di akhirat dan sebagai modal dasar kehidupan di dunia asalkan semuanya itu diniatkan karena Allah . Itu berarti Allah telah menciptakan mata untuk melihat sudah digunakan sesuai dengan apa yang Dia inginkan, sebaliknya kalau mata kita digunakan unuk melihat, memandang segala sesuatu yang tiidak dirido oelhNya maka Dia akan murka kita. Oleh karena itu janganlah kita berbuat apapun yang akan mendatangkan murkaNya kepada kita.Karena kelak kalu kita meniinggal mata kita akan dimintai pertanggung jawaban di hadapan-Nya, apa yang ttelah dilakukannya ketika berada di dunia.

Barakallaahufiikum……..Salam santun dari kami untuk para sahabat semua…….Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat diambil hikmahnya serta dapat membuka hati, jiwa dan akal fikiran kita  yang selama ini telah tertutup……..Apabila ada salah tulis atau kata, itu adalah dari kami …..Dan Ya Allah ampunilah atas hal tersebut……..Marilah kita bersihkan dan sucikan hati,jiwa dan akal fikiran kita semua dengan membaca

Laa ilaaha illallaah  Muhammadurrasuulullaah saw , Subhanallaah , Subhanallaah wa bihamdih , Subhanallah al ‘azhiim , Subhanakallaahumma wa bihamdika asyhadu anlaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa’atuubu ilaik.

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Salam dan bahagia

Penulis             : Ki Kartawijaya Al Adiyat
Pekerjaan         : Anggota Perguruan Tamansiswa Cabang Cirebon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar