Rabu, 15 Mei 2013

ANCAMAN ALLAH TERHADAP PARA PENENTANGNYA



Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakatuh.
Salam dan bahagia.

Para sahabat semua salam jumpa lagi bersama BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR’AN dan REFLEKSIALAMALQURAN.

Allah berfirman di dalam Q.S Al Al Muddatsir 18 - 28  yang  berbunyi sebagai berikut ;

إِنَّهُ فَكَّرَ وَقَدَّرَ [٧٤:١٨]فَقُتِلَ كَيْفَ قَدَّرَ [٧٤:١٩]ثُمَّ قُتِلَ كَيْفَ قَدَّرَ [٧٤:٢٠]ثُمَّ نَظَرَ [٧٤:٢١]ثُمَّ عَبَسَ وَبَسَرَ [٧٤:٢٢]ثُمَّ أَدْبَرَ وَاسْتَكْبَرَ [٧٤:٢٣]فَقَالَ إِنْ هَٰذَا إِلَّا سِحْرٌ يُؤْثَرُ [٧٤:٢٤]إِنْ هَٰذَا إِلَّا قَوْلُ الْبَشَرِ [٧٤:٢٥]إِنْ هَٰذَا إِلَّا قَوْلُ الْبَشَرِ [٧٤:٢٥]سَأُصْلِيهِ سَقَرَ [٧٤:٢٦]وَمَا أَدْرَاكَ مَا سَقَرُ [٧٤:٢٧]
لَا تُبْقِي وَلَا تَذَرُ [٧٤:٢٨]
 Yang artinya sebgai  berikut :

Aku akan membebaninya mendaki pendakian yang memayahkan -- Sesungguhnya dia telah memikirkan dan menetapkan (apa yang ditetapkannya), -- maka celakalah dia! Bagaimana dia menetapkan?,-- kemudian celakalah dia! Bagaimanakah dia menetapkan?,-- kemudian dia memikirkan, -- sesudah itu dia bermasam muka dan merengut, -- kemudian dia berpaling (dari kebenaran) dan menyombongkan diri,-- lalu dia berkata: "(Al Quran) ini tidak lain hanyalah sihir yang dipelajari (dari orang-orang dahulu),-- ini tidak lain hanyalah perkataan manusia" -- Aku akan memasukkannya ke dalam (neraka) Saqar. - Tahukah kamu apakah (neraka) Saqar itu? -- Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan.

Para sahabat semuanya melui ayat ayat ini Allah memberikan peringatan kepada kita semua khususnya kepada orang-orang kafir yaitu  kalau ayat-ayat Al Qur’an sudah sampai kepada mereka ( orang-orang kafir ) masih belum bisa menerima maka
  1. Sikap yang telah mereka tentukan itu adalah salah. Sudah jelas bahwa perbuatan yang telah mereka lakukan itu adalah beban, kalau banyak dosa berarti bebannya berat, dan kalau dosanya sedikit maka bebannya ringan. Untuk beban yang ringan saja kalau jalan mendaki sudah berat membawanya , apalagi beban yang berat.
  2. Apakah keputusan yang mereka tetapkan itu sudah dipertimbangakan masak-masak, artinya sudah siap menerima resiko yang akan mereka hadapi ? Makanya Allah mengungkapkan pertanyaan sampai dua kali yaitu ‘Bagaimana dia menetapkan ?.
  3. Mereka ( orang kafir ) tetap saja pendiriannya, bahkan semakin Nampak menentang teguran Allah tersebut dengan memperlihatkan raut wajah yang merengut dan bermuka masam, dan semakin menunjukkan kesombongannya.
  4. Mereka mengucap bahwa Al Qur’an itu hanya dongengan orang-orang jaman dahulu, hanya ucapan manusia bukan ucapan ( firman ) Allah, dan Al Qur’an itu dianggapnya Kitab yang isinya adalah ilmu sihir.
  5. Karena keputusannya sudah bulat akhirnya Allah menetapkan kepada mereka yaitu, mereka akan ditempatkan di neraka saqar.
  6. Neraka saqar adalah suatu tempat dimana penghuni yang berada di dalamnya tidak meninggalkan ( artinya penguhinya tidak bisa keluar dari tempat itu ) dan tidak membiarkan ( artinya mereka tidak dibiarkan begitu saja oleh Allah, akan tetapi mereka merasakan azab Allah yang menghinakan ).
Para sahabat semuanya jadikan ini sebagai peringatan dan sekaligus sebagai pembelajaran bagi kita semua, agar kita yang telah mengetahui hal ini, janganlah berbuat seperti ini. Marilah kita berbuat sesuai dengan apa yang diinginkan Allah swt dengan mengikuti tuntunan Rasul-Nya yaitu Nabi Muhammad saw.

Barakallaahufiikum………Salam santun dari kami untuk para sahabat semua………Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua, dan dapat diambil hikmahnya serta dapat untuk membuka hati, jiwa dan akal fikiran kita semua yang selama ini telah tertutup…………Andaikan ada salah kata atau tulis, itu adalah kesalahan kami, dan……..Ya Allah maafkanlah atas hal tersebut………Dan marilash kita bersihkan dan sucikan hati, jiwa dan akal fikiran kita semua dengan mengucapkan

Laa ilaaha illallaah  Muhammadurrasuulullaah Salallaahu ‘alaihi wasallam. Allahu Akbar . Subhanallaah. Subhanallaah wabihamdih . Subhanallah al’azhiim . Subhanakallaahumma wabihamdika  asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Salam dan bahagia

Penulis            : Ki Kartawijaya Al Adiyat
Pekerjaan       : Anggota Perguruan Tamansiswa Cabang Cirebon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar