Kamis, 23 Mei 2013

ANUGERAH ALLAH SWT KEPADA NABI MUHAMMAD SAW KE 2



Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Salam dan bahagia

Selamat berjumpa kembali dengan kami BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR’AN dan refleksialamalquran.

Para sahabat semuanya sebagaimana telah diterangkan pada ayat sebelumnya yaitu Allah swt telah menghilangkan segala penyakit yang membuat dada Nabi saw menjadi sesak, beliau menjadi semakin dikenal oleh orang banyak,  derajat Nabi saw menjadi terangkat di sisi Allah swt dan derajat ini belum pernah dicapai oleh para Nabi dan Rasul sebelumnya, dan semuanya itu adalah suatu kenikmatan yang sangat besar.
Dan Allah berfirman di dalam Q.S Al Insyirah : 94 : 2 – 3 yang berbunyi sebagai berikut

وَوَضَعْنَا عَنكَ وِزْرَكَ [٩٤:٢]الَّذِي أَنقَضَ ظَهْرَكَ [٩٤:٣]

dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu,--- yang memberatkan punggungmu? 

Para sahabat semuanya  melalui ayat 2 dan 3 ini Allah swt mengungkapkan bahwa Dia berkenan meringankan beban yang dipikulkan kepada Nabi Muhammad saw dalam menunaikan penyebaran risalah-Nya, sehingga beliau dapat menyampaikannya dengan mudah. Tantangan-tantangan musuhnya dapat dihadapi oleh beliau dengan jiwa yang tenang, walapun tantangan itu bisa membahayakan dirinya.

Setelah beliau diangkat menjadi Rasul, maka beliau mulailah melaksanakan tugasnya, menyampaikan agama Allah kepada orang-orang Quraisy. Karena orang-orang Quraisy bereaksi ( menentang ) dengan kuat, maka beliau merubah cara syiarnya yaitu dengan cara sembunyi-sembunyi. Sungguh amat berat tugas beliau itu. Barulah tugas beliau menjadi agak ringan setelah beliau memiliki sahabat beberapa orang pembesar Quraisy seperti Umar bin Khatab, Hamzah dll. Apalagi sekarang tugas beliau berdakwah oleh Allah swt diperintahkan agar disampaikan dengan terang-terangan, dan Allah swt akan menjamin keamanannya. Sebagaimana firman Allah swt di dalam Q.S Al Hijr 15 : 94 – 95 yang berbunyi sebagai berikut :

فَاصْدَعْ بِمَا تُؤْمَرُ وَأَعْرِضْ عَنِ الْمُشْرِكِينَ [١٥:٩٤]إِنَّا كَفَيْنَاكَ الْمُسْتَهْزِئِينَ [١٥:٩٥]       
 Maka sampaikanlah olehmu secara terang-terangan segala apa yang diperintahkan (kepadamu) dan berpalinglah dari orang-orang yang musyrik.--- Sesungguhnya Kami memelihara kamu daripada (kejahatan) orang-orang yang memperolok-olokkan (kamu),”
 
Para sahabat semuanya , dari uraian di atas ini kita dapat menarik beberapa kesimpulan siapapun harus berani mengungkapkan Al Qur’an sesuai dengan isi kandungannya, walaupun itu sangat pahit atau sangat keras yang mungkin akan berdampak orang yang menerima itu akan membenci kita, yang benar sampaikan bahwa itu benar dan salah pun harus disampaikan bahwa itu salah. Untuk hal itu Allah pun sudah menjamin akan keselamatannya dan akan selalu melindunginya dimanapun dia berada dan kemanapun dia pergi. Semoga kita pun bisa melakukan hal seperti itu, walau hanya satu ayat, terutama kepada keluarga  sendiri dulu, barulah kemudian ke orang lain. Jangan sampai kita sibuk membereskan karakter dan mengajak orang lain ke jalan yang benar, sementara keluarga sendiri ditelantarkan. Sungguh Allah swt tidak menghendaki hal seperti itu. Terutama awali lah dari diri kita sendiri.

Barakallaahufiikum ….salam santun dari kami untuk para sahabat semuanya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat diambil hikmahnya serta dapat untuk membuka hati,jiwa dan akal fikiran kita yang selama ini telah tertutup. Andaikan ada slah kata atau tulis dalam uraian ini, itu adalah kesalahanku,maka Ya Allah maafkan dan ampuni atas hal tersebut. ….Marilah kita bersihkan dan sucikan hati,jiwa dan akal fikiran kita dengan bersama-sama membaca :

Laa ilaaha illallaah  Muhammadurrasuulullah salallaahu ‘alaihi wasallam,  Allahu Akbar  Subhanallaah. Subhanallah wabihamdih . Subhanallaah wabihamdih Subhanallah al ‘adziim  Subhanakallaahumma wabihamdika asyhadu anlaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa’atuubu ilaik.

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Salam dan bahagia

Penulis          : Ki Kartawijaya Al Adiyat
Pekerjaan       : Anggota Perguruan Tamansiswa Cabang Cirebon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar