Jumat, 24 Mei 2013

KESULITAN ITU SELALU BERSAMA DENGAN KEMUDAHAN




Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Salam dan bahagia

Para sahabat semuanya salam jumpa kembali bersama kami BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR’AN dan refleksialamalquran.

Allah swt berfirman di dalam Q.S Al Insyirah 94 : 5 – 6 yang berbunyi sebagai berikut

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا [٩٤:٥]إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا [٩٤:٦]
Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,--- sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. 

Para sahabat semuanya terjemahan srt Al Insyirah dari ayat 1 – 4 itu merupakan gambaran kehidupan  Nabi saw untuk dijadikan contoh oleh kita semua, agar kita bisa mengerti bahwa kalau kita selalu dekat dengan Allah swt, maka Allah swt pun akan lebih dekat dengan kita. Apabila kita selalu mengingat Allah, maka Allah pun akan selalu mengingat kita. Kalau kita selalu memuji dan mengagungkan Allah, maka Allah pun akan memuliakan kita. Apabila Allah sudah dekat dengan diri kita maka Dia akan memberikan rezki secara tiba-tiba kepada kita yang datang tidak tahu dari arah mana maksudnya tidak akan terjangkau oleh fikiran kita.

Sekarang mari kita perhatikan sebagian tanda-tanda kebesaran Allah swt yaitu Dia memasukkan malam kepada siang dan memasukkan siang kepada malam, Dia yang menghidupkan yang mati dan mematikan yang hidup. Di dalam kehidupan pun sama tidak selamanya kita akan hidup susah, suatu saat kita akan hidup bahagia. Dan tidak selamanya kita hidup bahagia, suatu saat kita akan hidup sengsara. Oleh karena itu jangan mengeluh saja tentang kehidupan , kita harus yakin bahwa suatu saat akan berubah , tidak akan seperti itu terus, akan tetapi ada syaratnya yaitu kita selalu tetap berusaha, berikhtiar. Masalah rezki serahkan kepada Allah swt ,karena Dia lah yang menentukan besar kecilnya rezki yang kita dapat.
Oleh karena itu Allah swt menjelaskan dengan sebenarnya sampai kalimat itu diulang dua kali menandakan bahwa kita semua harus bisa memahami kenapa harus diulang dua kali, padahal satu kali pun sudah bisa dipahami yaitu “sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahandan ini pun bisa dibalik di dalam kehidupan ini janganlah kecil hati, janganlahkita putus asa karena sesungguhnya sesudah kemudahan itu ada kesulitan  artinya kita jangan lengah enak saja menikmati berbagai macam kemudahan, karena suatu saat kita akan menghadapi kesulitan.

Apabila kita menjumpai suatu kesulitan, lalu kesulitan itu kita hadapi dengan tekad  yang sungguh-sungguh, selalu berusaha dengan sekuat tenaga dengan mencurahkan akal fikiran kita semaksimal mungkin untuk melepaskan diri dari kesulitan tersebut dengan tekun ,dibarengi dengan kesabaran, dan tidak mengeluh atas keterlambatan datangnya kemudahan, maka kemudahan itu pasti akan tiba. Akan tetapi apabila hal tersebut dihadapinya dengan sikap sebaliknya maka ketemunya adalah sumpah serapah, mengumbar omongan kesana kemari, selalu marah-marah, selalu menyalahkan orang lain atau terjadinya hal itu karena perbuatan orang lain yang sentiment, yang akhirnya putus asa
Para sahabat semuanya semoga setelah kita mengkaji surat Ad dhuhaa dan sebagian dari surat Al Insyirah ini, kita akan menjadi manusia yang tegar ,kuat, dan kokoh, tidak cengeng dalam menyikapi setiap masalah dengan kehidupan yang sedang kita alami ini, kita selalu berfikir positp, kita selalu optimis.

Barakallaahufiikum ………. Salam santun dari kami untuk para sahabat semuanya.

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Salam dan bahagia.

Penulis     : Ki Kartawijaya Al Adiyat
Pekerjaan : Anggota Perguruan Tamansiswa Cabang Cirebon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar