Senin, 10 Juni 2013

APAKAH YANG DIPEREBUTKAN ???


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Selamat berjumpa kembali dengan kamu BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR’AN dan reflkeksialamalquran.

MENGAPA  UMAT  ISLAM  MENJADI  REBUTAN  ?  Ke  1

Di zaman Nabi Muhammad saw ,kondisi umat Islam sangat baik, persatuan dan kesatuannya masih utuh. Hubungan antara Nabi seebagai pemimpin dengan para sahabatnya sebagai yang dipimpin menunjukkan keserasian ,sejalan dengan tuntunan yang dibawa oleh Nabi-Nya. Dengan kuatnya aqidah, tujuannya sama yaitu menegakkan kalimat Allah di muka bumi ini, semakin hari semakin kuat hingga mencapai puncak keagungan dan kejayaan Islam. Dan umat Islam saat itu menjadi rebutan oleh orang-orang yang non Islam.

Nabi saw bersabda, “ Akan datang suatu masa, umat lain akan memperebutkan kamu, ibarat orang-orang yang lapar memperebutkan makanan dalam hidangan. Sahabat bertanya, “ Apakah jumlah kami saat itu sangat sedikit, ya Rasul ?” Beliau menjawab, “ Bukan, bahkan sesungguhnya jumlah kamu saat itu banyak, namun kualitas kamu ibarat buih yang terapung-apung di atas air bah. Dan dalam jiwamu tertanam kelemahan jiwa.” Sahabat bertanya, “ Apakah yang dimaksud dengan kelemahan jiwa , ya rasul ? “ Beliau menjawab, “ Yaitu cinta pada dunia dan takut mati” ( HR Abu Daud )

Jadi npenyebab utama kualitas umat Islam menurun itu karena “Hubbud dunyaa dan karahiyatul maut “ ( cinta dunia dan takut mati ). Yang dimaksud “Cinta dunia” adalah semua usaha dan keinginannya dipusatkan untuk mencapai kesenangan dunia semata, walaupun akan merugikan, atau bahkan menyakiti orang lain. Penyebaran atau penegakkan Islam selalu diukur dengan materi, kalau akan menguntungkan dirinya, maka mau berjuang. Sebaliknya apabila akan merugikan dirinya, maka diam saja. Hal demikian ini bukan hanya sekedar cinta dunia, akan tetapi sudah termasuk rakus dengan dunia.

Banyak manusia yang terperangkap dengan manisnya dunia, larut dengan kesenangan dunia, silau dengan keindahan dunia sampai tidak tahu mana yan

Rasulullah saw bersabda, “ Sesungguhnya dunia itu manis, yang hijau ( baik dipandang ), dan sesungguhnya Allah menjadikan kamu sebagai Khalifah ( untuk mengatur ) di dalamnya. Allah akan melihat apa yang kamu kerjakan, maka takutlah kepada dunia dan takutlah kepada wanita, sesungguhnya  pertemanya fitnah yang melanda Bani Ista’il adalah wanita “ (  HR Muslim )

Barakallaahufiikum….. Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar