Kamis, 06 Juni 2013

BAHAYANYA POLA HIDUP BERLEBIH-LEBIHAN KE 3


Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Salam dan bahagia

SURAT AT TAKATSUR KE  3

Para sahabat semuanya salam jumpa kembali bersama kami BUTIR   URAIAN AYAT AYAT AL QUR’AN dan refleksialamalquran.

BERMEGAH   MEGAH  DENGAN  URUSAN  DUNIAWI  KE   3

Allah berfirman di dalam Q.S At Takatsur 102 : 2 yang berbunyi sebagai berikut

حَتَّىٰ زُرْتُمُ الْمَقَابِرَ [١٠٢:٢]
    sampai kamu masuk ke dalam kubur  .

Para sahabat semuanya melalui ayat ini Allah menjelaskan keadaan manusia yang senang bermegah-megah, yang berusaha memiliki banyak harta yang terus berlanjut tiada henti dan akhirnya masuk ke liang lahat ( lubang kubur ). Sungguh umur yang telah diberikan Allah swt itu disia-siakan begitu saja, karena tidak digunakan untuk hal-hal yang berfaedah, yang bermanfaat, untuk berbuat kebajikan atau beramal saleh, berbuat yang diridoi Allah baik untuk kehidupan di dunia maupun untuk kehidupan akhirat.

Rasulullah saw bersabda, “ Saya pernah melarang kamu menziarahi kubur, maka sekarang ziarahilah kubur itu, karena menziarahi kubur itu akan menjadikan zuhud dari kemewahan dunia dan mengingatkan kamu kepada kehidupan akhirat “

Para sahabat semua tata  cara ziarah kubur yang disampaikan oleh Rasulullah saw itu ternyata oleh kebanyak orang sekarang ini malah terbalik, dengan menziarahi kubur yang dianggap keramat itu akan dapat mengangkat  derajat, bisa naik pangkat, usahanya bisa sukses, bagi kaum pedagang akan bertambah laris, sampai ada aturan kalau ingin berhasil, maka ziarahilah kuburan keramat itu sampai empat puluh  Jumat, ada yang empat puluh Jum’at kliwon, gak tau itu aturan dari mana dan dari siapa, yang kesemuanya itu sangatlah menyesatkan. Kuburan yang dianggap keramat rajin di datangi, malah kuburan orang tua sendiri tidak pernah. Naudzubillaahi min dzaalik.

Menurut para ulama, ziarah kubur yang baik dan benar adalah obat penawar yang paling ampuh untuk melunakkan hati, karena dengan ziarah kubur itu kita akan ingat mati dan hari Kiamat, sehingga dapat membatasi keinginan yang bukan-bukan.

Barakallaahufiikum………. Salam santun kamu untuk para sahabat semuanya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat diambil hikmahnya serta dapat untuk membuka pintu hati kita yang selama ini telah tertutup

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Salam dan bahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar