Sabtu, 15 Juni 2013

KEWAJIBAN BERPUASA KE 4



Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Salam dan bahagia

KEWAJIBAN  BERPUASA  KE  4

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda,Allah swt berfirman : “ Semua amal perbuatan anak Adam ( manusia ) itu bagi dirinya sendiri kecuali puasa; sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya.  Puasa itu adalah perisai; oleh karena itu, bila salah seorang diantara kamu sekalian itu berpuasa, maka janganlah berkata kotor dan jangan ribut. Apabila ada seseorang mencaci-maki atau mengajak berkelahi maka hendaknya ia berkata: “Sesungguhnya aku sedang berpuasa” Demi dzat yang jiwa Muhammad bereda dalam genggaman-Nya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu di sisi Allah lebih harum dari bau minyak kesturi. Bagi orang yang berpuasa itu ada 2 kegembiraan yaitu gembira ketika dia berbuka dan gembira ketika dia menghadap Tuhannya. Karena besarnya pahala puasa “ ( HR Bukhari dan Muslim )

Para sahabat semuanya dari Hadits di atas Allah memberitahukan kepada kita bahwa
1.       Puasa Ramadhan itu hanya untuk-Nya sedangkan puasa di luar Ramadahan adalah untuk kita. Kalau puasa Ramadhan balasannya langsung dari Allah, sedangkan puasa selian ramadhan balasannya sesuai dengan apa yang kita kerjakan.
2.      Kemudian pada saat berpuasa tidak boleh berkata kotor atau ribut ( bikin kekacauan, keresahan, keributan, pertengkaran, perselisihan dll untuk hal-hal yang buruk );
3.      Kalau dada yang mengejek atau mengajak yang tidak baik cukup katakana bahwa aku sedang berpuasa;
4.      Bau mulut orang berpuasa itu lebih harum daripada bau harum minyak kesturi;
5.      Dua kegembiraan di dapat orang berpuasa yaitu saat berbuka dan saat menghadap Allah;
6.      Pahala puasa Ramadhan itu sangatlah besar, Dia akan berikan kepada siapa yang Dia kehendaki, karena Dia melihat hati orang yang sedang berpuasa , serta Dia  tahu rahasia apapun yang ada dalam hati manusia.

Barakallaahufiikum……. Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar