Kamis, 11 Juli 2013

BAGAIMANAKAH CARA MENGHILANGKAN DOSA ?

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Selamat berjumpa kembali dengan kami BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR'AN dan refleksialamalqur'an.

Saudaraku semuanya yang namanya manusia sunggh tidak bisa terlepas dari lupa, salah dan dosa. Apa yang kita lakukan menurut kita baik dan benar, namun belum tentu menurut Allah, karena yang mengetahui semua itu hanya Allah. Dia tidak melihat penampilan kita dan bentuk rupa kita, akan tetapi dari hati kita. Begitu kita bangun tidur maka dosa sudah mulai berdatangan mmenghampiri kita.

Oleh karena itu lebih baik kita mengaku telah banyak melakukan kekeliruan, agar kita berusaha meminta maaf. Lebih baik kita mengaku banyak berbuat salah, agar kita berusaha untuk menghapus kesalahan tersebut. Lebih baik kita mengaku banyak berbuat dosa, agar kita memperbanyak permohonan ampunan.

Saudaraku semuanya cobalah kita merenung sejenak tentang diri kita, tidak perlu mengoreksi orang lain, dari ketiga hal di atas lebih banyak perbuatan mana yang kita lakukan. Andaikata kita tidak seperti di atas maka marilah mulai saat ini kita memulainya. Lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali. Untuk lebih jelasnya  marilah kita simak uraian berikut ini.

Dosa ada dua macam yaitu dosa antara kita dengan Allah dan dosa antara kita dengan sesama manusia. Adapun dosa antara kita dengan Allah harus melakukan tobat. Syarat tobat kepada Allah ada 3 yaitu : 1. Menyesal di dalam hati; 2. Niat tidak akan mengulangi dosa itu; 3. Membaca istighfar dengan lidah dibarengi dengan hati.  Apabila salah satu dari ke 3 syarat itu tidak terpenuhi, maka tidaklah berguna tobatnya artinya belum menyelesaikan kewajibannya kepada Allah, lalu menyesal dan istighfar.


Adapun dosa yang terjadi antara kita dengan sesama manusia, maka sebelum dia atau mereka belum menghalalkan atau memaafkan maka tobatnya sia sia.

Saudaraku semuanya mumpung sekarang lagi bulan puasa Ramadhan, marilah kita memohon kepada Allah agar Dia lebih banyak lagi melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua, dan juga memberikan ampunan-Nya kepada kita semua.

Sesungguhnya Dia itu Maha Kuasa atas segala sesuatunya. Dia akan berikan apapun kepada siapapun sesuai dengan kehendak-Nya dan Dia akan mencabut apapun dari siapapun sesuai dengan kehendak-Nya.

Barakallaahufiikum.............Wassallamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar