Sabtu, 06 Juli 2013

INGIN HIDUP SELAMAT ? CARILAH YANG BAIK

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Selamat berjumpa kembali dengan kami BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR'AN dan refelksialamalquran

Rasulullah saw bersabda, “ Carilah duniamu yang baik-baik, karena sesungguhnya setiap orang dimudahkan untuk apa yang telah ditetapkan untuknya dari dunia itu “ (Shahih riwayat Al Hakim, Ibnu Majah da At Tabrani )

Saudaraku setiap Allah swt akan melakukan segala sesuatu, maka sudah dipertimbangkan dengan sangat teliti terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Sehingga begitu sesuatu ditetapkan maka segala permasalahan yang muncul sudah disiapkan untuk penyelesaiannya , tinggal manusianya saja mau berusaha untuk menyelesaikan hal tersebut atau dibiarkan berlarut-larut. Dan itulah yang dinamakan ujian dan cobaan dari Allah. Ketika manusia diberi Allah dengan berbagai kenikmatan dan kemudahan, ini yang disebut ujian Allah, artinya Allah swt ingin mengetahui sejauh mana rasa syukurnya kepada-Nya. Kalau ternyata manusia banyak yang bersyukur berarti mereka dianggap lulus, maka Allah akan menambah rahmat-Nya kepada mereka. Namun apabila mereka menjadi kufur, maka laknat-Nya lah yang datang. Kemudian ketika manusia diberi Allah dengan berbagai kesulitan, penderitaan, musibah,  ini yang disebut cobaan Allah, artinya sudah setinggi dan seluas apakah tingkat kesabaran manusia. Apabila segala ujian kesabaran telah selesai atau lulus barulah Allah memberikan imbalan berupa pahala, makin berat ujian yang diberikan maka semakin tinggi pula nilai imbalan yang diterima. Namun apabila gagal menghadapi ujian itu, tidak akan mendapatkan apa-apa.

Saudaraku semuanya, di dalam kita mencari karunia Allah, segala sesuatunya dimudahkan oleh-Nya, adapun besar kecilnya rezki hanya Allah yang mengaturnya, berdasarkan Maha Adil lagi Maha Bijaksananya. Oleh karena itu tugas kita mencari karunia-Nya itu hanya untuk yang baik-baik saja artinya yang halal, sesuai dengan yang telah dianjurkan oleh agama. Apabila kita melakukannya menyimpang dari ketentuan yang berlaku, maka apabila dibelikan makanan, kemudian makanan itu dimakan, setelah masuk ke tubuh, akan menjadi butiran-butiran darah dan beredar ke seluruh tubuh . Dan butiran-butiran darah ini akan menjadi racun, dan menjadikan penyakit yang sukar disembuhkan, kalau tidak dengan melakukan taubat kepada Allah dengan taubatan nasuha.

Semoga uraian ini akan dapat mengingatkan kita semua, dengan tujuan lebih baik menjaga daripada mengobati. Perlu kita sadari bersama siapapun boleh bergembira walaupun telah melakukan kezaliman di dunia masih bisa selamat, namun ketika kembali ke akhirat apapun yang terjadi pada diri kita akan dipertanggung jawabkan semua, termasuk apa yang baru diniatkan di dalam hati kita.

Barakalallaahufiikum............Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar