Rabu, 24 Juli 2013

MENCITAI LIMA AKAN TETAPI MELUPAKAN YANG LIMA



Assalamu'alaikum warahmatullahi wbarakaatuh.

Selamat jumpa lagi bersama kami BBUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR'AN dan refleksialamalquran

Rasulullah besabda, “ Nanti di akhir zaman kebanyakan manusia mencintai yang lima akan tetapi melupakan yang lima “ Apakah yang lima iu ? :

1.      Mencincai dunia, melupakan akhirat. Allah sudah menjelaskan di dalam Al Qur’an bahwa dunia ini alam palsu, dunia ini senda gurau, dunia ini permainan, dunia ini kesenangan yang hanya sesaat, dunia ini adalah kesenangan yang menipu. Akan tetapi kenapa kebanyakan manusia yang dikejar hanya dunia saja, hanya kesenangan saja, hanya mengumbar hawa nafsu saja yang semuanya itu hanyalah sesaat dan tipuan. Sedangkan yang aslinya adalah alam akhirat

2.      Mencintai harta, melupakan hisab hari kiamat. Artinya manusia kebanyakan mengumpulkan harta benda sebanyak-banyaknya, karena takut akan menderita, takut sengsara, takut gak bisa makan. Padahal kalau manusia itu sudah kembali ke akhirat, maka oleh Allah akan ditanya darimana dia dapat harta, semuanya harus dipertanggung jawabkan di hadapan Allah.

3.      Mencintai makhluk, melupakan Khaliq. Manusia kalau melihat wanita cantik, langsung tanpa sadar dari mulutnya keluar pujian dan sanjungan. Sebaliknya wanitapun sama kalau melihat lelaki ganteng, simpatik, langsung saja tergiur. Wanita ingin punya suami yang ganteng dan lelaki ingin punya ingin punya istri yang cantik. Padahal baik yang ganteng maupun yang cantik ataupun sebaliknya, semuanya ciptaan Allah. Dia akan berikan kepada siapapun sesuai dengan kehendak-Nya.

4.      Mencintai dosa ,melupakan tobat. Di dunia saja manusia sudah takut akan api, padahal pi itu lambang keburukan dan kejahatan, tempat orang yang bermain api itu di neraka akan tetapi mengapa kebanyakan manusia melupakan akan hal itu. Sebenarnya hal tersebut dapat dihindari dengan memperbanyak baca itighfar memohon ampunan kepada Allah, dan melaksanakan tobat kepada-Nya. Karena yang bisa memberikan semua itu hanya Allah.

5.      Mencintai rumah melupakan kuburan. Bagi manusia yang memiliki banyak harta, sudah pasti akan membuat rumah seindah dan senyaman mungkin, sampai dibuatkan kolam renang atau dibuatkan taman dengan bunga-bunganya yang indah. Namun mereka lupa bahwa apa yang mereka buat itu akan ditinggalkan dan diteruskan oleh ahli warisnya. Yang mereka tuju adalah rumah yang baru dengan ukuran 1,5 m x 1,5 m x 2m , yaitu kuburan. Dan bagi yang mampu kuburannya dibuat seindah mungkin. Padahal percuma saja walau dibuat seperti itu, apabila amal kebajikannya hanya sedikit. Di alam kubur itu sangat sempit ,pengap, gelap gulita, sendirian lagi, tidak ada yang melindungi dan menolong, kecuali amal perbuatannya sendiri.

Barakallaahu fiikum ....... Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar