Senin, 29 Juli 2013

PENYESALAN YANG TIADA UJUNGNYA




Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh 

Salam jumpa lagi bersama kami BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR'AN dan refleksialamalquran

مَا سَلَكَكُمْ فِي سَقَرَ [٧٤:٤٢] قَالُوا لَمْ نَكُ مِنَ الْمُصَلِّينَ [٧٤:٤٣]وَلَمْ نَكُ نُطْعِمُ الْمِسْكِينَ [٧٤:٤٤]وَكُنَّا نَخُوضُ مَعَ الْخَائِضِينَ [٧٤:٤٥]وَكُنَّا نُكَذِّبُ بِيَوْمِ الدِّينِ [٧٤:٤٦]حَتَّىٰ أَتَانَا الْيَقِينُ [٧٤:٤٧]

Yang artinya berbunyi sebagai berikut , "Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?" --- Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat,-- dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin,--- dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya,--- dan adalah kami mendustakan hari pembalasan,--- hingga datang kepada kami kematian ". 

Saudaraku semuanya dari ayat ayat di atas alangkah sangat menyesalnya bagi siapapun yang telah diberi berbagai kenikmatan, kemudahan, jabatan, ilmu, apabila semua yang telah dimilikinya itu disalah gunakan, tidak dijaga, dipelihara, dan dikembangkan sebagai tambahan lahan ibadah. Dan sebaliknya juga kepada mereka yang mendapatkan kesengsaraan, penderitaan, kemelaratan, musibah yang kesemuanya itu tidak diterima dengan ikhlas dan sabar di dalam menghadapinya, yang keluar dari mulutnya hanya keluhan, kemarahan, sumpah serapah.

Yang dikehendaki oleh Allah dari ayat ayat di atas agar tidak mengalami penyesalan baik ketika di dunia maupun ketika di akhirat maka:

1, Kerjakan shalat, karena kalau dilaksanakan mendapat pahala, apabila ditinggalkan mendapat dosa.

2. Bantulah mereka yang kehidupan ekonominya di bawah kita ( fakir miskin, anak yatim )

3. Hindari , jauhi, dan tinggalkan berbicara yang tidak ada manfaatnya .

4. Janganlah berteman dengan orang-orang yang gemar menggunjing ;

5. Yakini oleh kita bahwa kematian itu pasti ada bagi semua yang bernyawa dan kita harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

6. Yakini bahwa setelah kematian itu ada kehidupan lagi, dan akan banyak pertanyaan pertanyaan atas apa yang kita kerjakan selama di dunia.

Apabilah ke enam hal tersebut tidak dilaksanakan oleh kita maka pasti kita akan mengalami penyesalan yang tiada ujungnya, Masih untung selagi ketika berada di dunia, masih bisa dirubah, akan tetapi kalau sudah di akhirat maka apa yang menjadi topik pembicaan saat ini pasti akan menimpa kita. Tinggal bagaimanakah sikap kita, mau merubah diri atau tetap seperti sedia kala.

Barakallahu fiikum.... Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar