Kamis, 11 Juli 2013

TANDA DITERIMANYA TOBAT

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Selamat berjumpa lagi bersama kami BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR'AN dan refleksialamalquran.

Tanda tobat diterima itu alamatnya ada 4 macam yaitu : 

1. Putus hubungan dengan teman-teman yang tidak baik dan bersahabat dengan orang-orang saleh ; Maksudnya  memilih berteman dengan orang-orang yang akan mendatangkan kebaikan, bukan keburukan. 

2. Menghentikan semua maksiat dan rajin melakukan taat ; Segala sesuatu yang akan merugikan dirinya ditinggalkan, dan segala yang akan menguntungkan bagi dirinya dikerjakan.

3. Hilang rasa kesenangan kepada dunia kepada hatinya, dan ingat selalu kesusahan akhirat ; Maksudnya dia menyadari bahwa dunia yang selama ini dikejar-kejar sebenarnya akan ditinggalkannya, sehingga dia rubah dunia ini hanya sebagai alat untuk menambah lahan amal ibadah untuk kepentingan akhirat, yang sudah dia bayangkan bahwa akhirat akan lebih ngeri dengan berbagai siksa dan azab yang menghinakan apabila tidak dipersiapkan sejak dini,. Di sana tidak ada penolong dan pelindung, kecuali Allah

4. Percaya kepada jaminan Allah dalam soal rezki, lalu sibuk mengerjakan perintah Allah.. Maksudnya di siang hari dia mencari karunia Allah dengan niat beribadah kepada Allah dengan mengikuti tuntunan  Rasul-Nya, adapun besar kecilnya rezki yang didapat diserahkan kepada Allah, yang penting halal dan membawa berkah yang akan menyelamatkan bagi dirinya dan keluarganya , dan di malam harinya dia laporan kepada Allah, barangkali apa yang telah dilaksanakan di siang harinya banyak hal-hal yang belum sesuai dengan kehendak-Nya.

Barakallaahufiikum........... Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar