Senin, 26 Agustus 2013

PELIHARALAH KASIH SAYANG ANTAR SESAMA



Kasing sayang akan terwujud apabila saling kenal mengenal. Tlong menolong dan bantu membantu atai ingat mengingatkan akan dapat terlaksana apabila rasa setia kawan dan kasih sayang.

Kasih sayang ini tidak datang dengan sendirinya, akan tetapi melalui pemupukan persaudaraan antar handai tolan, dengan saling mengunjungi ( silaturahim ).

Rasulullah saw bersabda, “ Kasih sayang itu tergantung di Arsy, barang siapa yang mendatangiku, maka Allah akan menyampaikannya dan barangsiapa memutuskan aku maka Allah akan memutuskannya. (  HR Bukhari dan Muslim )

Dari penjelasan Hadits itu kita dituntut untuk mengadakan pendekatan atau hubungan dengan kjerabat, tetangga baik yang jauh mapun yang dekat. Terlebih lagi apabila mereka yang masih termasuk keluarga sanak family.

Agama Islam adalah agama persaudaraan, semuanya mempunyai tanggung jawab untuk mempererat tali persaudaraan. Sesuai dengan sabda Nabi saw , “ Saling bersaudaralah kalian karena Allah berdua-dua “.

Oleh karena itu mempererat tali persaudaraan adalah suatu perbuatan yang sangat terpuji di sisi Allah, karena harus menanamkan rasa kasih sayang terhadap sesamanya. Untuk itu jagalah hubungan antar sesama terutama terhadap saudara sendiri.

Akan tetapi yang namanya manusia masih tetap saja ada yang tidak mau kenal antara yang satu dengan  yang lainnya., karena merasa dia kaya, sedangkan yang lainnya banyak yang miskin. Yang kaya acuh tak acuh dan yang miskinnya pun jadi rikuh ( canggung ) Inilah yang menyebabkan kerenggangan kekeluargaan. Rasulullah berpesan untuk kita semua dengan sabdanya, “ Tidak masuk surga orang yang memutuskan persaudaraan “ ( HR Bukhari dan Muslim )

Saudaraku semua marilah kita pupuk rasa persaudaraan antar kita sesama sebagai hamba Allah, karena Allah tidak akan membeda-bedakan kita semua, yang membedakan itu hanya takwanya, dan hal ini hanya bisa diketahui oleh Allah saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar