Jumat, 27 September 2013

AQIDAH AQIDAH AQIDAH

Agama Islam itu sesungguhnya agama aqidah dan syariah.
Yang dimaksud dengan aqidah adalah setiap perkara yang dibenarkan oleh jiwa, yang membuat hatinya tenteram dan dapat meyakini pemeluknya, artinya tidak ada keraguan dan kebimbangan di dalamnya.

Yang dimaksud syariah adalah tugas-tugas pekerjaan yang dibebankan oleh Islam seperti shalat, zakat, puasa, berbakti kepada kedua orangtua dll

Landasan aqidah Islamiyah adalah beriman kepada : Allah, para malaikat-Nya; para rasul-Nya; kitab-kitab-Nya; hari akhir dan kepada qadar ( taqdir) Nya yang baik maupun yang buruk.

Sebagaimana firman Allah di dalam QS Al Baqarah 2 : 177 yang artinya , "Yang dinamakan kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke timur dan ke barat, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu adalah beriman kepada Allah, kari kemudian, malaiaktat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi "

Dan Allah swt berfirman pula di dalam QS Al Qamar ayat 49 - 50 yaitu , " Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran. Dan perintah Kami hanyalah satu perkataan seperti kejapan mata "

Dan rasulullah saw bersabda, " Iman adalah hendaknya engkau percaya kepadaAllah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, hari kemudian dan percaya kepada  qadar ( taqdir ) yang baik maupun yang buruk.   ( HR Muslim )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar