Sabtu, 14 September 2013

MENGAPA MANUSIA MASIH BELUM MAU SEGERA SADAR DIRI ?

Allah berfirman di dalam Q.S Al Jaatsiyah 45 : 21 yaitu : 

أَمْ حَسِبَ الَّذِينَ اجْتَرَحُوا السَّيِّئَاتِ أَنْ نَجْعَلَهُمْ كَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ سَوَاءً مَحْيَاهُمْ وَمَمَاتُهُمْ ۚ سَاءَ مَا يَحْكُمُونَ [٤٥:٢١]وَخَلَقَ اللَّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بِالْحَقِّ وَلِتُجْزَىٰ كُلُّ نَفْسٍ بِمَا كَسَبَتْ وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ [٤٥:٢٢]

Yang artinya sebagai berikut,Apakah orang-orang yang membuat kejahatan itu menyangka bahwa Kami akan menjadikan mereka seperti orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, yaitu sama antara kehidupan dan kematian mereka? Amat buruklah apa yang mereka sangka itu.-- Dan Allah menciptakan langit dan bumi dengan tujuan yang benar dan agar dibalasi tiap-tiap diri terhadap apa yang dikerjakannya, dan mereka tidak akan dirugikan."
 
 Melalui ayat-ayat ini Allah memberitahukan dn sekaligus memberikan peringatan kepada manusia bahwa :

1. Janganlah mengikuti prilaku orang-orang kafir dan jangan pula percaya dengan ucapan mereka, karena kesemuanya itu akan membuatnya celaka ( menzalimi dirinya sendiri )

2. Perlakuan Allah terhadap orang kafir dan beriman pasti tidak akan sama, termasuk pada saat kematian yaitu ketika ruh ditariknya dari jasad , baik orang-orang kafir maupun beriman pasti berbeda perlakuannya. Dan baik buruknya amal manusia yang akan menolong dirinya, hanyalah Allah yang tahu.

3. Masing-masing diri manusia akan dibalas sesuai dengan amal perbuatannya, tidak ada yang akan dirugikan sedikitpun.

Oleh karena itu selagi kita masih diberi hidup dan kehidupan oleh Allah, maka segeralah berubah haluan, berusaha untuk menjadi manusia yang beruntung di sisi Allah, karena kalau di dunia,  kita masih bisa merubah diri, namun apabila ruh sudah pisah dengan jasad , maka kita tidak bisa berbuat apa-apa lagi, hanya amal kebajikan kita saja yang bisa membantu kita,  baik ketika di alam barzah ( kubur ) atau ketika kita di akhirat nanti.

Semoga kita semua dibukakan hati kita yang selama ini telah tertutup dan terkunci oleh Allah, sehingga kita bisa menerima taufik, hidayah, inayah dan maunah dari-Nya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar