Minggu, 15 September 2013

PENGERTIAN IBADAH DALAM ISLAM

Kata - kata ini sering banyak digunakan, sering banyak didengar, terutama oleh para pendakwah,,
yang mungkin kalau ditanyakan apakah arti ibadah itu ? mungkin yang mengerti hanya sebagian saja.

Menurut kamus Al Muhith ibadah berasal dari kata al abdiyah, al ubuudiyah dan al ibaadah yang artinya taat atau tunduk. Al ubuudiyah artinya tunduk dan merendah, sedangkan al ibaadah artinya patuh dan taat.

Dan setiap ketaatan kepada Allah dengan disertai rasa tawadhu' dan merendah diri, itu juga disebut ibadah. jadi ibadah adalah salah satu bentuk kepatuhan, yang tidak boleh ditujukan kepada siapapun, kecuali hanya kepada Yang Maha Pemberi Nikmat dengan kenikmatan yang tiada bandingnya, seperti kenikmatan hidup, kenikmatan iman dan Islam, kenikmatan kepandaian, penglihatan  pendengaran dll.

Oleh karena itu apabila kita melakukan segala perbuatan atau pekerjaan yang tidak diniatkan hanya untuk Allah dengan mengikuti petunjuk Rasul-Nya , maka nilai ibadahnya tidak ada, alias kalau untuk duniawinya dapat , akan tetapi untuk ukhrawinya atau akhiratnya tidak dapat.

Untuk hal itu  setiap pekerjaan yang dikerjakan oleh kita agar mendapatkan kedua-duanya ( dunia dan akhiratnya ) ,maka awalilah dengan niat beribadah kepada Allah dengan mengikuti tuntunan Rasul-Nya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar