Minggu, 22 September 2013

PROSES HUBUNGAN MANUSIA DENGAN ALAM DAN SESAMANYA JUGA TUHAN

Karena manusia itu disamping sebagai makhluk individu juga sekaligus sebagai makhluksossial, maka kaitannya dengan itu manusia dalam berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya yaitu

Dari proses hubungan manusia dengan alam dan manusia dengan sesamanya, maka terjadilah kebudayaan. Dalam usahanya manusia untuk menyelesaikan segala ciptaan Tuhan, rupanya oleh Allah sengaja diciptakan dalam keadaan belum selesai.

Baik alam maupun manusia keduanya " belum sempurna " sehingga diperlukan proses penyempurnaa oleh manusia itu sendiri. Oleh karena itu kehidupan ini selalu berada dalam evolusi ( perubahan ) yang terus menerus.

Proses inilah yang kemudian melahirkan kebudayaan, dan manusia adalah sebagai kedudukan yang sentral. Artinya manusia disamping sebagai pencipta kebudayaan , pelaku kebudayaan, pengarah kebudayaan juga sekaligus sebagai pemanfaat kebudayaan itu sendiri.

Dari uraian ini, maka jelaslah arti definisi Ki Hajar Dewantara bahwa kebudayaan merupakan buah budi manusia di dalam mengatasi alam dan zaman.  Memang  hakekat kebudayaan adalah upaya manusia dalam usaha untuk mempertahankan hidup, mengembangkan jenisnya ( generasinya ) dan meningkatkan kesejahteraan hidupnya, dalam keterbatasan jasmani dan sumber alam yang mengelilinginya.

Dalam proses hubungan antar sesama manusia diketemukan sumbernya yang merupakan sifat kodrati manusia yaitu : kemerdekaan , kemanusiaan dan kebangsaan. Yang semuanya itu sebagai karunia dari Tuhan Yang Maha Esa.

Sedangkan manusia dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa melahirkan sifat pengabdian dan asas kodrat alam yang merupakan manifestasi dari kekuasaan-Nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar