Senin, 21 Oktober 2013

INGATLAH SELALU NIKMAT ALLAH

Allah berfirman di dalam Q.S Al A'raf 7 : 141 yaitu

وَإِذْ أَنْجَيْنَاكُمْ مِنْ آلِ فِرْعَوْنَ يَسُومُونَكُمْ سُوءَ الْعَذَابِ ۖ يُقَتِّلُونَ أَبْنَاءَكُمْ وَيَسْتَحْيُونَ نِسَاءَكُمْ ۚ وَفِي ذَٰلِكُمْ بَلَاءٌ مِنْ رَبِّكُمْ عَظِيمٌ [٧:١٤١]
 
Dan (ingatlah hai Bani Israil), ketika Kami menyelamatkan kamu dari (Fir'aun) dan kaumnya, yang mengazab kamu dengan azab yang sangat jahat, yaitu mereka membunuh anak-anak lelakimu dan membiarkan hidup wanita-wanitamu. Dan pada yang demikian itu cobaan yang besar dari Tuhanmu". 
 
Melalui ayat ini Allah menceritakan tentang kaum Bani Israil kepada kita semua yaitu di Zaman Fir'aun. Raja Fir'aun itu terkenal kejam dan lalim termasuk juga para pembesarnya. terutama terhadap kaum Bani Israil. Siapapun yang menentang pemerintahan Fir'aun maka  langsung diazab dengan sagat berat. Dan siapapun yang melahirkan, apabila bayinya lelaki, maka langsung dibunuhnya, dan apabila perempuan bayinya maka dibiarkannya hidup.Dan yang lebih sesat lagi Raja Fir'aun sudah mengaku bahwa dirinya adalah Tuhan, karena tidak ada seorangpun yang berani menentangnya.

Namun dengan sifat kasing sayang-Nya ' Allah mengutus Nabi Musa untuk menyelamatkan kaum Bani Israil dari kekejaman Fir'aun dan sekaligus untuk menyadarkan Raja Fir'aun beserta para pembesarnya. Dengan firman-Nya di dalam Al Qur'an surat Al A'raf ayat 144 - 146 yang artinya sebagai berikut :
 
Allah berfirman: "Hai Musa, sesungguhnya Aku memilih (melebihkan) kamu dan manusia yang lain (di masamu) untuk membawa risalah-Ku dan untuk berbicara langsung dengan-Ku, sebab itu berpegang teguhlah kepada apa yang Aku berikan kepadamu dan hendaklah kamu termasuk orang-orang yang bersyukur". ( QS : 7 : 144 )
 
Dan telah Kami tuliskan untuk Musa pada luh-luh (Taurat) segala sesuatu sebagai pelajaran dan penjelasan bagi segala sesuatu; maka (Kami berfirman): "Berpeganglah kepadanya dengan teguh dan suruhlah kaummu berpegang kepada (perintah-perintahnya) dengan sebaik-baiknya, nanti Aku akan memperlihatkan kepadamu negeri orang-orang yang fasik.  ( QS 7 : 145 )

Aku akan memalingkan orang-orang yang menyombongkan dirinya di muka bumi tanpa alasan yang benar dari tanda-tanda kekuasaan-Ku. Mereka jika melihat tiap-tiap ayat(Ku), mereka tidak beriman kepadanya. Dan jika mereka melihat jalan yang membawa kepada petunjuk, mereka tidak mau menempuhnya, tetapi jika mereka melihat jalan kesesatan, mereka terus memenempuhnya. Yang demikian itu adalah karena mereka mendustakan ayat-ayat Kami dan mereka selalu lalai dari padanya.  ( QS 7 : 146 )
 
Melalui ketiga ayat di atas kita dapat menyimpulkan bahwa ;
1. Nabi Musa as telah diberi kelebihan oleh Allah swt ( mukjizat ) untuk menyampaikan risalah-Nya kepada umat di zaman itu.
2. Tetap berpegang teguh atas apa yang telah Allah berikan kepadanya, dan juga agar tetap bersyukur.
3. Ingatkan umatnya apabila masih tidak percaya kepada apa yang kamu sampaikan maka akan dipalingkan oleh Allah mukanya.
4. Jika ada ayat-ayat yang sampai kepadanya kemudian mendustakannya, maka mereka dianggap orang yang lalai. Dan Allah pun akan melalaikan mereka, tidak akan mempedulikan kepentingan dan kebutuhan mereka.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar