Rabu, 27 November 2013

KI HAJAR DEWANTARA dan TAMANSISWA


Sebagai lembaga pendidikan yang berkedudukan pula sebagai alat perjuangan bangsanya, sudah sejak kelahirannya Tamansiswa membawakan misi bangsanya. Melalui pendidikan nasional Tamansiswa berkehendak untuk menanamkan harga diri bangsanya sebagai warga suatu nation ( bangsa ) yang bulat dan utuh, yang bersatu dalam gerak cita-cita. Suatu bangsa yang bisa dibangkitkan jiwa kebangsaan dan kemerdekaannya.

Menurut Ki Hajar Dewantara, hanya bangsa yang memiliki jiwa kebangsaan dan semangat merdeka baru akan mampu hidup meredeka dan memegang nasibnya di tangan sendiri.
Perjuangan merebut kemerdekaan, menegakkan keadilan dan mengisi kemerdekaan tidak bisa dikontrakkan kepada bangsa lain, melainkan harus dilaksanakan sendiri oleh bangsa itu.


Faktor-faktor demikian itulah yang merupakan motivasi kehadiran Tamansiswa dan mengapa Tamansiswa meletakkan cita-cita pendidikannya agar para siswanya menjadi manusia yang berjiwa merdeka. Termasuk kepada mereka ( para alumni Tamansiswa ) yang telah bebaur di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar