Rabu, 27 November 2013

KI HAJAR DEWANTARA atau RADEN MAS SUWARDI SURYANINGRAT


Ki Hajar Dewantara sebagai tokoh pendikan sekaligus pahlawan nasional,pendiri perguruan Nasional Tamansiswa, walaupun orangnya sudah meninggal, namun jasa-jasanya masih dikenang sepanjang masa. Beliau walapun seorang darah bangsawan, rela melepskan gelarnya ( Raden Mas berganti menjadi Ki ) demi kepentingan rakyat pribumi.


Mengapa Ki Hajar mau bergabung dengan para penduduk pribumi ? Karena pada saat itu di jaman penjajahan Hindia Belanda , Di jaman kolonial kaum penjajah selalu menekan penduduk pribumi agar tetap bodoh ( melakukan pembodohan ), kebebasannya dikekang dan dibatasi agar jangan sampai kaum kolonial dikalahkan oleh penduduk pribumi.

Beliau pernah menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang pertama kali di Indonesia setelah negeri ini merdeka , bebas dari penjajahan Belanda maupun Jepang. Beliau juga sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonseia yang pertama kali dibentuknya PWI, dan masih banyak lagi jabatan yang pernah beliau pangku.

Kenapa disitilahkan jabatan itu dipangku ? Kalau jabatan diduduki, banyak yang menjadi lupa daratan dan lupa lautan, sampai lupa diri. Namun apabila jabatan itu dipangku ,maka akan selalu terlihat, apakah jabatan itu akan menyengsarakan rakyat Indonesia atau akan meningkatkan harkat derajat dan martabat bangsa Indonesia. 

Apabila kita mendengar Ki Hajar Dewantara, maka tidak akn terpisahkan dengan suatu lembaga pendidikan yaitu Perguruan Nasional Tamansiswa. Dikatakan perguruan istilah Jawanya adalah Paguron ada cirinya yaitu suatu tempat dimana bisa dijadikan rumah tinggal, tempat berlangsungnya proses pendidikan untuk meningkatkan kecerdasan anak bangsa dan juga sekaligus untuk proses pengembangan kebudayaan. Selain itu juga adanya padepokan tempat menginapnya para siswa bagi siswa yang rumahnya jauh dari sekolah.

Disebut Nasional karena perguruan ini tidak hanya satu. Pusatnya memang di Yogyakarta, akan tetapi anak cabangnya banyak, hampir merata ke seluruh Indonesia.

Dikatakan Tamansiswa ( Taman dan Siswa ) Taman adalah tempat bermainnya , belajarnya, hiburannya para siswa sekaligus sebagai isi dari pada taman itu adalah para siswanya. Siswa adalah para anak didik yang berada di lingkungan Tamansiswa. Oleh karena itu para siswanya juga harus mampu bersikap dan berprilaku yang akan menyenangkan siapapun bagi yang melihatnya. Tidaklah dikatakan taman apabila isi daripada taman itu tidak bisa membuat senang para pengunjungnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar