Sabtu, 30 November 2013

LANDASAN PENDIDIKAN KITA ( TAMANSISWA )



Kita sebagai bangsa Indonesia mencita-citakan mewujudkan suatu masyarakat yang berbudaya dengan berdasarkan Pancasila, maka sudah dengan sendirinya pendidikan kita pun harus kita landaskan Pancasila.

Hal ini berarti bahwa pendidikan kita harus mempersiapkan para generasi muda untuk ditugaskan sebagai integre dan tepat guna dari masyarakat dan kebudayaan Indonesia yang berkepribadian nasional yang baik dan luhur berlandaskan Pancasila demi terwujudnya perikehidupan bersama yang tertib dan damai, adil dan sejahtera, serta salam dan bahagia.

Yag dimaksud dengan integre  adalah yang memiliki kemampuan untuk bersikap dan berlaku konsekuen ( tidak nyeleweng ) dalam keadaan apapun. Kemudian "tepat guna dari masyarakat dan kebudayaan Indonesia" maksudnya yang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar secara umum sesuai dengan masyarakat Indonesia dengan beraneka ragam kebudayaannya akan tetapi tetap sebagai bangsa Indonesia.

Masyarakat yang berkepribadian Indonesia disini adalah masyarakat yang memiliki rasa nasionalisme, mencintai tanah airnya, yang sanggup membela negaranya, yang sanggup mengangkat harkat dan martabat bangsanya sehingga bisa sejajar dengan bangsa-bangsa lain dengan pribadi yang luhur yang berlandaskan Pancasila, agar suasana tertib damai bisa terwujud, suasana adil dan sejahtera bisa dinikmati, serta salam dan bahagia bisa dirasakan.

Karena tidaklah mungkin suasana damai bisa terwujud apabila pelaksanaannya tidak tertib. Tidaklah mungkin kesejahteraan akan bisa dinikmati apabila didalam pelaksanaannya tidak adil, karena masih ada yang diuntungkan dan dirugikan. Tidaklah mungkin rasa bahagia bisa dirasakan oleh batin apabila suasana lahirnya tidak mendukung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar