Sabtu, 28 Desember 2013

BERBUAT BAIKLAH KEPADA KEDUA ORANG TUA


MENGAPA KITA HARUS BERBUAT BAIK KEPADA KEDUA ORANG TUA.?

Allah menciptakan jin dan manusia itu adalah untuk berbakti kepada Allah, mengabdi kepada Nya dan hanya menyembah kepada-Nya. Kita mengerjakan ibadah itu bukan ingin surga dan bukan tidak mau neraka, akan tetapi bakti kita, pengabdian kita itu adalah untuk mengharapkan ridonya Allah.

Allah akan meridoi apa yang kita kerjakan, apa yang kita lakukan artinya akan mendapatkan barokahNya dan rido Nya apabila kita ada restu dari orang tua. Oleh karena itu Allah menekankan kita agar berbakti kepada orang tua, mengabdi kepada orang tua dan hormati orang tua.

Berbakti kepada kedua orangtua kita itu dengan cara kita berbuat sesuai dengan kadar kemampuan kita, kita bantu mereka, kita tolong mereka, kita perhatikan mereka, dan kita senangkan hati mereka. Karena adanya kita itu adalah karena adanya mereka.

Mengabdi kepada orang tua adalah dengan cara kita ikuti tuntunannya, kita patuhi aturan mainnya, kita taati perintahnya, kita junjung nama baiknya, kita laksanakan apa yang diamanatkan olehnya. Karena mereka melakukan semua itu demi kebahagiaan dan keselamatan kita semua baik untuk di dunia maupun di akhirat.
Kita hormati orang tua itu adalah mereka dengan susah payah memelihara kita, menyekolahkan kita, membimbing kita, menuntun kita, memberinya kita petunjuk, dan mengajari kita beragama, terutama ibu kandung kita yang telah mengandung kita dengan susah payag, melahirkan kita dengan susah payah, berjuang antara mati dan hidup dan menyapih kita selama 30 bulan ( 9 bulan kita di dalam  kandungan ibu ). Karena mereka menyadari bahwa anak itu adalah titipan Allah, untuk diterima, dijaga, dibimbing, dituntun, dan dihantarkan sampai sang anak menjadi dewasa dan berumah tangga. Apapun yang mereka lakukan itu hanyalah demi anak agar kehidupan anak-anaknya akan lebih baik dari mereka. Kalau bisa dan boleh diminta susah dan kepahitan hidupnya cukup ditanggung oleh orang tuanya saja, jangan sampai menimpa anak-anaknya.

Sungguh cinta mereka dan kasih sayang mereka itu benar-benar tulus terhadap anak-anaknya, sampai terkadang mereka lebih baik tidak makan daripada anak-anaknya kelaparan, mereka lebih baik menahan diri untuk kesenangan dan keinginannya asalkan keinginan anak-anaknya terpenuhi, asalkan anak-anaknya senang, asalkan anak-anaknya bahagia.

Apa yang dilakukan oleh kedua orang tua dari apa yang dilakukannya itu adalah agar anak-anaknya kehidupannya bisa lebih baik dari keadaan orang tuanya, agar anak-anaknya bisa mandiri, agar anak anaknya terangkat derajatnya baik di mata manusia maupun di sisi Allah, agar anak-anaknya berguna dan bermanfaat bagi dirinya sendiri, keluarganya, masyarakat, agamanya, bangsanya dan negaranya.

Oleh karena itu kita sebagai seorang anak tunjukkan budi bakti kita kepada mereka selama mereka tidak menyimpang dari aturan agama Allah, walaupun meneka tidak menjalankan perintah Allah bukan berarti kita harus membencinya, akan tetapi kita wajib menghormatinya, senangkan hati mereka dengan kemampuan yang ada pada kita. Ikuti prilaku baik yang mereka kerjakan , dan kalau kita mampu usahakan kita bisa lebih baik dari mereka , tinggalkan prilaku mereka yang buruk, kubur dalam-dalam, janganlah keburukan mereka itu diceritakan kepada orang lain. Semua itu sudah Allah peringatkan melalui firman-Nya di dalam QS Lukman ayat 14 dan 15 yaitu :

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ [٣١:١٤]
Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

وَإِنْ جَاهَدَاكَ عَلَىٰ أَنْ تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا ۖ وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا ۖ وَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَيَّ ۚ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ [٣١:١٥]


Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar