Kamis, 27 Maret 2014

KEMERDEKAAN ADALAH HAK INDIVIDU


Menurut Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 di dalam pembukaan dikatakan bahwa “Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa maka penjajahan di atas bumi harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”.

Allah swt telah menciptakan kita semua sebagai manusia tidak pernah membebani kita tugas yang berat yang tidak sesuai dengan kemampuan kita masing-masing. Kita diberinya kebebasan untuk menikmati berbagai macam fasilitas di dunia ini dengan sebaik-baiknya dan benar menurut syariat agama.

Kebebasan dan kemerdekaan itu adalah hak bagi manusia dan wajib mempertahankannya, mengingat manusia adalah hamba Allah yang mulia dn sempurna dripada makhluk-makhluk lain yang telah diciptakan Allah.

Allah swt berfirman di dalam QS Al Isra. Ayat 70 yaitu :

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَىٰ كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلًا [١٧:٧٠]
Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.


Melalui ayat ini Allah telah menjelaskan bahwa Dia telah menyerahkan segala apa yang ada di langi dan di bumi. Dan kita semua harus bisa menggunakannya dengan baik sehingga terwujud suatu kehidupan yang aman, tenteram, jauh dari permusuhan dan penjajahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar