Kamis, 27 Maret 2014

KENAPA KRISIS MORAL SEMAKIN MEREBAK ?



Mengapa krisis moral yang terjadi di masyarakat akhir akhir ini semakin tumbuh dan berkembang dengan cepat, bukannya semakin menghilang ?

Jawabannya adalah sudah sejauh mana semuanya sebagai warga negara yang baik menggunakan ajaran agama yang dianutnya dengan baik dan benar, sebagai acuan dalam berfikir dan memecahkan masalah.

Ajaran agama Islam dengan ajaran-ajarannya lewat Kitab suci Al Qur'an telah mengajak umat manusia agar memperhatikan nilai nilai luhur yang terkandung dalam Al Qur'an, sebagaimana firman Allah di dalam QS An NIsa ayat 82 yaitu :

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ ۚ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِنْدِ غَيْرِ اللَّهِ لَوَجَدُوا فِيهِ اخْتِلَافًا كَثِيرًا [٤:٨٢]
Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya. 

Melaluia ayat ini sudah jelas bahwa pangkal tolak untuk hidup tertib, rukun, dami, sentausa, bahagia itu semuanya memerlukan falsafah hidup. Dan falsafah hidup ini telah diatur oleh Allah swt di dalam firman Allah swt QS Na Nahl ayat 89 yaitu :

 وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ تِبْيَانًا لِكُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً وَبُشْرَىٰ لِلْمُسْلِمِينَ [١٦:٨٩]
 Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.  

Karena Al Qur'an merupakan falsafah hidup manusia, maka Allah pun memeliharanya dengan baik dan benar sehingga isinya dari dulu sampai sekarang dan yang akan datang isinya tidak berubah sama sekali.

Itulah mengapa Al Qur'an dikatakan sebagai mukjizat. Mukjizatnya adalah terletak kepada fashahah dan balaghahnya, keindahan susunan dan gaya bahasanya serta isinya tidak ada bandingannya. Jngankan isi satu kitab penuh, manusia ditantang agar membuat satu ayat saja yang persis maksud dan tujuannya, tidak ada yang mampu. Jadi sampai saat ini Al Qur'an tetap terpelihara sesuai dengan firman Allah di dalam QS Al Hijr ayat 9 yaitu :

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ [١٥:٩]
Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar