Minggu, 30 Maret 2014

OBROLAN RINGAN KE 1



Anak  : Bah, Di dalam Al Qur,an surat Al Baqarah ayat 3 yang bunyinya sebagai berikut :
 Artinya apa Bah ?الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ [٢:٣]
Abah : (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka. Maksudnya apa kamu tanya itu ?

Anak : Ingin supaya aku mengerti dan memahaminya dan bisa menghayatinya. Kemudian kalau aku mampu aku ingin mengamalkannya.  Bah, yang dimaksud dngan beriman kepada yang ghaib itu apa ?
Abah : Maksudnya yang tidak terlihat oleh mata seperti kematian,alam kubur ,pertanyaan dalam kubur, siksa dan nikmat kubur, hari kebangkitan ( manusia dibangkitkan dari kubur ), hisab ( pertanggung jawaban perbuatan manusia ), mizan ( kitab amal ditimbang ), sirathal mustaqim ( jembatan yang harus dilalui ), surga ( tempat seagala kenikmatan ), dan neraka ( tempat yang penuh dengan siksa dan azab ) semua itu terjadi setelah kiamat kecuali dalam kubur setelah manusia melewati pintu kematian.

Anak : Oh kirain yang ghaib tuh misalnya di pohon itu ada penghuninya, di kuburan kramat ada kramatnya, terus pada keris,batu cincin atau sejenisnya ada yang jaga , ya sebangsa begitu ?
Abah : Bukan itu maksud ayat yang kau baca. Memang Allah mencipta makhluk itu ada yang nampak (manusia )ada yang tidak nampak ( Jin ), dan kesemuanya itu diperintah untuk menyembah Allah. Yang taat disebut beriman dan yang tidak taat disebut kafir. Sekarang ini banyak yang tersesat menafsirkan masalah ghaib.Bahkan seneng mencari yang begituan. Semua itu sesat dan menyesatkan.
Anak : Dah itu dulu Bah, nanti dilanjut lagi esok hari, aku mau silaturahmi ke teman yang sedang sakit, katanya agak berat sakitnya .

Abah : Semoga temanmu diberikan kesabaran dan keikhlasan, dan cepat disembuhkan oleh Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar