Senin, 31 Maret 2014

OBROLAN RINGAN KE 3 MASALAH INFAQ



OBROLAN   RINGAN    03  TENTANG INFAQ  (  SAATNYA BERBAGI SEDEKAH  )
Anak  : Kalau yang dimaksud dengan infaq itu apa Bah ?
Abah : Infaq, zakat dan sadaqah itu sama artinya mengeluarkan sebagian harta yang telah Allah berikan kepada kita, disamping untuk nafkah keluarga , juga untuk membantu kerabat hamba sahaya , atau sesama yang amat membutuhkan, fakir miskin, anak yatim, kalau bis untuk membantu pendidikan mereka.
Anak : Kenapa untuk pendidikan ?
Abah : kalau dikasihkan langsung misalnya uang, maka sekarang diberikan, lalu untuk dibelikan makanan, setelah dimakan esok harinya dikeluarkan, sudh slesai. Tapi kalau untuk pendidikan sama saja kita memeberikan bekal ilmu pengetahuan buat mereka, agar kelak setelah selesai menempuh pendidikan bisa untuk modal mencari kerja guna memenuhi kebutuhan hidupnya.
Anak : Tapi begini Bah, kan yang kerja aku, yang capek aku, masa setelah hasil dibagi-bagikan ya nntinya hartaku kan berkurang . Seandainya aku kekurangan bagaimana ?
Abah : Itu namanya kikir. Allah paling tidak suka pada orang yang kikir dan bakhil. Karena reki yang didapat itu juga atas bantuan Allah. Jangan dianggap Allah tidak membantu. Contoh kakimu bisa melangkah, tanganmu bisa berbuat, mulutmu bisa bicara, akalmu bisa berfikir, matamu bisa melihat, telingamu bisa mendengar, semuanya siapa yang mengaturnya dan yang memberinya, termasuk hasil kerjamu juga dari Allah semua. Apakah Allah meminta imbalan darimu atau tidak ?
Anak : Ya enggak sih Bah. Aku jadi malu sama Allah, baru diberi rezki sedikit aja pikiran jelekku sudah mulai timbul. Untung aja aku punya Abah yang amat baik , jadi ada yang mengingatkan. Baik bah aku kini sadar, aku tidak akan seperti itu lagi
Abah : Kan Allah sudah menjanjikan siapapun yang berbuat kebaikan satu maka akan dibalas 10x lipat dari apa yang dikeluarkan, bahkan sampai 700x lipat. Ingat hitungan Allah itu tidaklah sama dengan hitungan kita.

Anak : Baik Bah makasih atas penjelasannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar