Senin, 14 April 2014

SURAT YAASIIN AYAT 36




Allah swt berfirman di dalam QS Yaasiin ayat 36 yang berbunyi sebagai berikut
سُبْحَانَ الَّذِي خَلَقَ الْأَزْوَاجَ كُلَّهَا مِمَّا تُنْبِتُ الْأَرْضُ وَمِنْ أَنْفُسِهِمْ وَمِمَّا لَا يَعْلَمُونَ [٣٦:٣٦]
Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui.

Melalui ayat ini Allah menjelaskan tentang salah satu tana-tanda kebesaranNya yaitu Dia telah menciptakan pasangannya masing masing yang ada di dunia ini misalnya langit dan bumi, malam dan siang, tua dan muda, besar dan kecil, lelaki dan perempuan, air dan api, daratan dan lautan, manis dan pahit, bahagia dan sengsara, siksa dan pahala, dan masih banyak lagi yang tidak diketahui oleh kita.

Tujuan Allah menciptakan seperti itu semua adalah untuk membahagiakan masing-masing. Misalnya Allah menciptakan manusia ada yang kaya dan ada yang miskin. Ada yang pandai ada yang bodoh. Yang kaya bisa beramal dengan hartanya kepada yang miskin dan yang miskin bisa memberikan bantuan berupa tenaga, sebagai amalnya terhadap yang kaya. Sehingga masing-masing akan mendapatkan pahala, tidak ada yang dirugikan. Kemudian yang pandai bisa beramal dengan memberikan atau membagikan ilmunya kepada yang bodoh, dan yang bodoh bisa berusaha belajar menuntut ilmu dari yang pandai, sehingga keduanya akan mendapatkan pahala dari Allah.

Sungguh alangkah indahnya hidup ini apabila masing-masing bisa menikmatinya, bisa mentafakurinya. Dan alangkah sia sianya hidup ini apabila kesempatan, peluang atau waktu yang diberikan Allah dibuang begitu saja, terlewatkan begitu saja, tanpa ada tabungan untuk bekal akhiratnya.


Semoga kita semua setelah membaca uraian ini Allah membukakan hati dan jiwa serta akal fikian kita semua, sehingga rahmat Allah bisa masuk ke dalam diri kita. Semoga Allah selalu membimbing dan menuntun kita semua ke jalan yang lurus, jalan yang benar, jalan yang diridoi olehNya. Aaaamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar