Jumat, 23 Mei 2014

INGATLAH AKAN NIKMAT ALLAH



Allah swt berfirmn di dalam QS Al Baqarah ayat 49  yaitu  :

وَإِذْ نَجَّيْنَاكُمْ مِنْ آلِ فِرْعَوْنَ يَسُومُونَكُمْ سُوءَ الْعَذَابِ يُذَبِّحُونَ أَبْنَاءَكُمْ وَيَسْتَحْيُونَ نِسَاءَكُمْ ۚ وَفِي ذَٰلِكُمْ بَلَاءٌ مِنْ رَبِّكُمْ عَظِيمٌ [٢:٤٩]
Dan (ingatlah) ketika Kami selamatkan kamu dari (Fir'aun) dan pengikut-pengikutnya; mereka menimpakan kepadamu siksaan yang seberat-beratnya, mereka menyembelih anak-anakmu yang laki-laki dan membiarkan hidup anak-anakmu yang perempuan. Dan pada yang demikian itu terdapat cobaan-cobaan yang besar dari Tuhanmu.

Melalui ayat ini Allah swt memberitahukan kepada kita semua yaitu pada waktu Bani Israil berada di Zaman Fir’aun. Dimana Raja Fir’aun itu terkenal sangat kejam dan lalim. Kalau menyiksa orang, maka siksaannya amat berat. Lalu siapapun yang sudah berumah tangga, dan hamil, maka kelahiran anaknya ditunggu, apabila anak itu lelaki , langsung dibunuhnya, dan apabila lahirnya perempuan, maka akan dibiarkan hidup.

Dan dari cerita ini intinya bahwa kita sebagai manusia harus selalu ingat akan berbagai macam nikmat Allah dengan mengucap rasa syukur kepadaNya dan apabila lagi dicoba, sengsara, menderita, miskin, sulit dalam menghadapi kehidupan sehari-hari, rezkinya sedang dalam  kesempitan, atau diberi musibah, kecelakaan atau penyakit.

Semua itu Dia lah yang mengaturnya, bukan semata-mata atas perbuatan manusia saja, dan di saat saat susah itu lah kita semua harus banyak-banyak bersabar. Kita semua harus yakin ujian dan cobaan yang datang kepada kita itu sudah diukur oleh Allah tentang kadar kesanggupan kita, tidak mungkin melebihi dari apa yang kita miliki.


Semakin banyak kita bersyukur kepada Allah , maka akan semakin banyak rahmat yang Allah berikan kepada kita. Semakin kita mendekati Allah, maka Allah pun akan semakin lebih dekat dengan kita. Apabila di saat lapang kita selalu ingat kepada Allah, maka di saat kita dalam kesempitan Dia akan ingat kepada kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar