Sabtu, 24 Mei 2014

MANUSIA ZALIM TERHADAP DIRI



Yang namanya manusia itu memang prilakunya serba aneh.Apabila disuruh memilih ,pilih mana surga atau neraka. Pasti memilihnya surga. Lalu disampaikanlah jalan apa saja yang harus ditempuh agar bisa mendapatkan surga tersebut, namun sayang kebanyakan mereka tidak mau mengerjakannya.

Apalagi dimintai sesuatu untuk mengeluarkan zakat hanya diperintah mengucapkan rasa syukur saja susah amat. Allah memerintahkan agar jangan menjalani riba, karena riba itu sesuatu yang diharamkan oleh Allah. Eeeehhh , malah banyak yang mengerjakannya. Walaupun dari riba terbeut akan mendatangkan keuntungan yang amat besar, namun Allah akan menolak harta tersebut.

Sungguh prilaku yang diuraikan di atas adalah prilaku zalim pada diri sendiri. Sebagaimana firman Allah di dalam QS Al Baqarahayat 57 yaitu :

وَظَلَّلْنَا عَلَيْكُمُ الْغَمَامَ وَأَنْزَلْنَا عَلَيْكُمُ الْمَنَّ وَالسَّلْوَىٰ ۖ كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ ۖ وَمَا ظَلَمُونَا وَلَٰكِنْ كَانُوا أَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ [٢:٥٧]
Dan Kami naungi kamu dengan awan, dan Kami turunkan kepadamu "manna" dan "salwa". Makanlah dari makanan yang baik-baik yang telah Kami berikan kepadamu; dan tidaklah mereka menganiaya Kami; akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri.
 Dan firman Allah di dalam QS Al A’raf ayat 160  yaitu :
وَقَطَّعْنَاهُمُ اثْنَتَيْ عَشْرَةَ أَسْبَاطًا أُمَمًا ۚ وَأَوْحَيْنَا إِلَىٰ مُوسَىٰ إِذِ اسْتَسْقَاهُ قَوْمُهُ أَنِ اضْرِبْ بِعَصَاكَ الْحَجَرَ ۖ فَانْبَجَسَتْ مِنْهُ اثْنَتَا عَشْرَةَ عَيْنًا ۖ قَدْ عَلِمَ كُلُّ أُنَاسٍ مَشْرَبَهُمْ ۚ وَظَلَّلْنَا عَلَيْهِمُ الْغَمَامَ وَأَنْزَلْنَا عَلَيْهِمُ الْمَنَّ وَالسَّلْوَىٰ ۖ كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ ۚ وَمَا ظَلَمُونَا وَلَٰكِنْ كَانُوا أَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ [٧:١٦٠]

Dan mereka Kami bagi menjadi dua belas suku yang masing-masingnya berjumlah besar dan Kami wahyukan kepada Musa ketika kaumnya meminta air kepadanya: "Pukullah batu itu dengan tongkatmu!". Maka memancarlah dari padanya duabelas mata air. Sesungguhnya tiap-tiap suku mengetahui tempat minum masing-masing. Dan Kami naungkan awan di atas mereka dan Kami turunkan kepada mereka manna dan salwa. (Kami berfirman): "Makanlah yang baik-baik dari apa yang telah Kami rezekikan kepadamu". Mereka tidak menganiaya Kami, tapi merekalah yang selalu menganiaya dirinya sendiri. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar