Sabtu, 24 Mei 2014

PERJALANAN ORANG SALEH



APAKAH YANG DILAKUKAN OLEH ORANG-ORANG SALEH  ?

Saudaraku untuk mengatakan orang saleh itu amat mudah. Namun dibalik apa yang diucapkannya itu, tahukah orang saleh itu seperti apa ?

Orang-orang yang sedang berjalan menuju kepada Allah dinamakan orang saleh.  Cara menempuh perjalanan itu dengan menggiatkan ibadahnya dan selalu berusaha menjaga seluruh anggota tubuhnya agar digunakan sesuai dengan fungsi dan kegunaannya sesuai dengan kehendak Allah atau yang diridoi Allah.

Mereka lakukan itu di dalam kehidupan sehari-hari baik di dalam kesendirian maupun saat bergaul dengan sesama saudara muslim. Mereka fokusnya hanya tertuju kepada Allah dan apa yang dilakukannya itu hanya karena Allah, sehingga lama kelamaan merasa dirinya semakin dekat dengan Allah

Dengan merasa semakin dekat dengan Allah, maka prilakunyapun semakin lebih berhati-hati lagi. Dan apa yang mereka lakukan itu semuanya berjalan secara alami. Oleh karenanya orang-orang yang demikian dalam hati mereka akan terpancar cahaya atau nur yang murni dari Allah.

Orang-orang yang telah mendapatkan nur Allah disebutnya WASIL, mereka atas kehendakNya dapat melihat Allah dengan mata hatinya, dan mereka ini sudah mencapai tingkatan teratas yang disebut “Haqqul Yaqin”

Mereka telah memahami betul rahasia  gaib yang ada di alam semesta ini. Dan mereka ini dikenal dengan nama “anwaru muwajjah “ ( orang yang di dalam cahayanya/ di hadapannya ). Sebagaimana firman Allah yang berbunyi , “ inna auliyaaaa Allahu laa khaufun ‘alaihim walaa hum yahzanuun “ yang artinya “ sesungguhnya wali-wali Allah itu tidak merasa cemas takut, dan tidak pula mereka bersusah hati “


Menurut syech Ibnu Athailah, orang-orang saleh itu adalah mereka yang telah mendapat petunjuk Allah di dalam perjalanannya menuju Allah dengan cahaya pendekatanNya. Bagi orang-orang yang telah sampai kepada Allah,  maka baginya dicurahkan cahaya pendekatanNya. Di dalam hati dan fikiran mereka tidak ada lainnya selain daripada Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar