Minggu, 01 Juni 2014

MENGAPA MANUSIA MENJADI RUSAK ?



Manusia adalah ciptaan Allah yang paling dimuliakan oleh Allah. Namun sayangnya kebanyakan di antara kita masih belum mampu menghargai pemberian Allah.

Minimalnya apa yang telah diberikan Allah kepada kita itu diterima dan disyukuri lalu ditumbuh kembangkan oleh kita sendiri, dengan cara mengikuti petunjuk dan tuntunan apa yang Dia berikn kepada kita melalui RasulNya.

Sungguh sangat disayangkan masih banyak di antara kita mengabaikan itu semua, dianggapnya hal itu biasa.

Menurut Ibrahim An Nakhari ra yaitu yang menjadi penyebab rusaknya manusia sebelum kita itu ada tiga hal : yaitu :  1. karena terlalu banyak bicara ; 2. karena terlalu banyak makan ; 3. karena terlalu banyak tidur.

1. Karena terlalu banyak bicara.  Maksudnya banyak bicara yang tidak perlu, yang tidak ada manfaatnya, bahkan kebanyakan yang akan mencelakai dirinya. Contoh Ghibah yaitu membicarakanaib orang lain kepada temen-temennya. ;Mengapa dikatakan mencelakai diri ? Karena begitu dia membicarakan orang lain, maka kebaikan miliknya yang sudak dikumpulkan dikeruk habis ,oleh Allah dipindahkan kepada orang yang dibicarakannya, sebaliknya  dosa-dosa orang yang dibicarakan akan dipindahkan Allah kepadanya ;

2. karena terlalu banyak makan . maksunya hanya memperturutkn hawa nafsunya saja. Yang dicari hanya kepuasan pribadi saja, rasa peduli terhadap orang lain tidak ada sama sekali .

3. karena terlalu banyak tidur. Maksudnya bukan tidur melulu, tapi terlalu banyak waktu yang disia-siakan olehnya. waktu yang datang  dibiarkan lewat begitu saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar