Senin, 25 Agustus 2014

SURAT AL BAQARAH AYAT 152 - 154



Allah berfirman di dalam QS Al Baqarah ayat  152 –  1;54 yang berbunyi
فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ [٢:١٥٢]

Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ [٢:١٥٣]

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

وَلَا تَقُولُوا لِمَنْ يُقْتَلُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَمْوَاتٌ ۚ بَلْ أَحْيَاءٌ وَلَٰكِنْ لَا تَشْعُرُونَ [٢:١٥٤]

Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya.

Melalui srt Al Baqarah ayat 125 ini Allah membeitahukan kepada kita bahwa Dia akan ingat kita bila kita ingat Dia. Dia akan menyayangi kita bila kita sayang Dia. Caya menyaangi Dia adalah dengan melaksanakan apa yng diperintahkannya dan menjauhi yang men jadi laranganNya. Dia dekat bila kita mendekatiNya.

Lalu pada ayat 153 nya Dia memberitahukan dan sekaligus memerintahkan kepada kita bahwa siapapun yang membutuhkan sesuatu itu hanya meminta pertolonganNya. Tidak ada di dunia ini yang mampu meberikan sesuatu ataupun mencabut sesuatu dari hambaNya kecuali Dia. Untuk itu bila butuh sesuatu, mintalah kepadaNya. Tapi ada syaratnya yaitu dibarengi dengan shalat dan sabar .

Shalat adalah bentuk wujud langsung terjadinya hubungan antara sang hamba dengan penciptanya, tanpa perantara. Shalat adalah doa, bentuk penyerahan diri, pujian dan sanjungan, penyaksian, penghormatan, dn ucapan doa keselamatan.

Sabar adalah bentuk nyata suatu proses, karena Allah setiap memberikan sesuatu pada hambaNya itu tidak asal-asalan, tapi yang terbaik, apakah sesuai dengan.sang pemohon, atau digantikan dengan bentuk lainnya dan yang lebih penting lagi s at memberi itu Allah yang mengaturnya, bukan Allah yang diatur oleh sang pemohon.


Lalu pada ayat 154 ini Allah memberitahukan kepada kita semua bahwa mereka yang meninggal di jalan Allah dan mengembangkan agama Alla dalam rangka menegakkan agama Allah, mereka itu tidak mati, mereka masih hidup ( karena ajarannya diteruskan ), dan semua ini hanya Allah yang tahu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar