Rabu, 27 Agustus 2014

SURAT AL BAQARAH AYAT 158 - 160



Allah swt berfirman di dalam QS Al Baqarah ayat 158 – 160  yang berbunyi ; rena Allah dan hanya untuk Allah .
إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ ۖ فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ أَوِ اعْتَمَرَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ يَطَّوَّفَ بِهِمَا ۚ وَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَإِنَّ اللَّهَ شَاكِرٌ عَلِيمٌ [٢:١٥٨]
Sesungguhnya Shafaa dan Marwa adalah sebahagian dari syi'ar Allah. Maka barangsiapa yang beribadah haji ke Baitullah atau ber'umrah, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sa'i antara keduanya. Dan barangsiapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui.
إِنَّ الَّذِينَ يَكْتُمُونَ مَا أَنْزَلْنَا مِنَ الْبَيِّنَاتِ وَالْهُدَىٰ مِنْ بَعْدِ مَا بَيَّنَّاهُ لِلنَّاسِ فِي الْكِتَابِ ۙ أُولَٰئِكَ يَلْعَنُهُمُ اللَّهُ وَيَلْعَنُهُمُ اللَّاعِنُونَ [٢:١٥٩]
Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah Kami menerangkannya kepada manusia dalam Al Kitab, mereka itu dilaknati Allah dan dilaknati (pula) oleh semua (mahluk) yang dapat melaknati,
إِلَّا الَّذِينَ تَابُوا وَأَصْلَحُوا وَبَيَّنُوا فَأُولَٰئِكَ أَتُوبُ عَلَيْهِمْ ۚ وَأَنَا التَّوَّابُ الرَّحِيمُ [٢:١٦٠]
kecuali mereka yang telah taubat dan mengadakan perbaikan dan menerangkan (kebenaran), maka terhadap mereka itulah Aku menerima taubatnya dan Akulah Yang Maha Menerima taubat lagi Maha Penyayang.

Melalui ayat-ayat ini Allah swt memberitahukan kepada kita semua bahwa salah satu rukun Islam adalah ibadah haji. Ibadah haji ini dilakukan oleh kita atas izinnya maksudnya apabila dananya mencukupi. Dan salah satu syarat ibdah haji atau berumrah adalah melaksanakan sa’i antara Shafaa dan Marwa.

Baik yang berangkat haji maupun yang tidak ,semuanya harus melaksanakan empat rukun Islam yang lainnya yaitu ; 1. Bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah, kecuali Allah. Lalu 2. Melaksanakan shalat wajib yang lima waktu . Lalu 3. Mengeluarkan sebagian hartanya untuk dizakatkan, infaq atau sadaqah . Lalu 4. Melaksanakan pasa wajib di bulan Ramadan. Apabila ada yang tidak dilaksanakan dari yang 4 ini maka bukan Islam namanya .Kalau yang 5 itu urusan Allah dan ke 4 nya ini harus dilaksanakan karena Allah dan hanya untuk Allah .

Bagi orang-orang yang melaksanakan karena Allah berarti telah membuktikan rasa syukur atas nikmatNya yang telah diterimanya, dan Allah itu Maha Mengetahui apa yang dikerjakan oleh hambaNya.

Bagi orang-orang yang mengingkari Allah, menentangNya, tidak mau mengikuti tuntunan RasulNya, termasuk orang-orang yang tadinya sudah beriman lalu berbalik menjadi kafir, maka mereka akan dilaknat Allah, kecuali mereka segera bertaubat kepaa Allah.

Allah akan menerima taubat mereka asalkan diliputi rasa sesal yang mendalam, lalu tidak mengulangi untuk yang berikutnya basegera merubah akhlaqnya menjadi orang baik sesuai dengan aturan agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar