Minggu, 31 Agustus 2014

SURAT AL BAQARAH AYAT 174 - 176




Allah swt berfirman di dalam QS Al Baqarah ayat 174 – 176  yang berbunyi ;

إِنَّ الَّذِينَ يَكْتُمُونَ مَا أَنْزَلَ اللَّهُ مِنَ الْكِتَابِ وَيَشْتَرُونَ بِهِ ثَمَنًا قَلِيلًا ۙ أُولَٰئِكَ مَا يَأْكُلُونَ فِي بُطُونِهِمْ إِلَّا النَّارَ وَلَا يُكَلِّمُهُمُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلَا يُزَكِّيهِمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ [٢:١٧٤]
Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah diturunkan Allah, yaitu Al Kitab dan menjualnya dengan harga yang sedikit (murah), mereka itu sebenarnya tidak memakan (tidak menelan) ke dalam perutnya melainkan api, dan Allah tidak akan berbicara kepada mereka pada hari kiamat dan tidak mensucikan mereka dan bagi mereka siksa yang amat pedih.

أُولَٰئِكَ الَّذِينَ اشْتَرَوُا الضَّلَالَةَ بِالْهُدَىٰ وَالْعَذَابَ بِالْمَغْفِرَةِ ۚ فَمَا أَصْبَرَهُمْ عَلَى النَّارِ [٢:١٧٥]
Mereka itulah orang-orang yang membeli kesesatan dengan petunjuk dan siksa dengan ampunan. Maka alangkah beraninya mereka menentang api neraka!

ذَٰلِكَ بِأَنَّ اللَّهَ نَزَّلَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ ۗ وَإِنَّ الَّذِينَ اخْتَلَفُوا فِي الْكِتَابِ لَفِي شِقَاقٍ بَعِيدٍ [٢:١٧٦]
Yang demikian itu adalah karena Allah telah menurunkan Al Kitab dengan membawa kebenaran; dan sesungguhnya orang-orang yang berselisih tentang (kebenaran) Al Kitab itu, benar-benar dalam penyimpangan yang jauh (dari kebenaran).

Melalui ayat-ayat ini Allah swt menjelaskan kepada kita semua bahwa ;

1.    Dia menurunkan Al Qur’an untuk manusia itu mengandung kebenaran. Orang-orang yang memperdebatkan agama tanpa kembali ke tuntunan aslinya yaitu Al Qur’an dan rangsHadits, masing-masing merasa benar sendiri, adalah orang yang sesat .

2.    Barangsiapa yang menyembunyikan kebenaran tentang ayat-ayat Allah, hanya untuk keperluan pribadi ataupun golongannya, maka termasuk golongan  sesat .

3.    Barangsiapa yang menjual ayat-ayat Qur’an dengan harga murah berarti sama saja telah melalaikan yang dan mempermainkan ayat-ayat Allah, tidak menghargai Al Qur’an. Dengan tidak menghargai Al Qur’an berarti tidak menghargai Rasulullah saw sebagai amanat pembawa kitab tersebut dan mukjizat beliau, juga termasuk Malaikat sebagai pembawa wahyu Allah , dan yang paling utama lagi  tidak menghargai dan menghormati Allah.

4.    Orang-orang seperti ini sama saja seperti membeli kesesatan dengan petunjuk , membeli siksa dengan petunjuk, membeli keburukan dan kebaikan , membeli neraka dengan surga.

5.    Apabila hal yang empat tersebut terjadi pada kita maka sama saja kita sedang menelan api neraka. Diri  kita akan dalam keadaan kotor dan Allah tidak mau bertemu dengan kita dan pasti kita akan mendapat azab yang pedih di neraka


Semoga kita tidak sampai tersesat sejauh itu dan Allah semakin membukakan lagi pintu ramat dan ridoNya buat kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar