Minggu, 31 Agustus 2014

SURAT AL BAQARAH 172 - 173



Allah swt berfirman di dalam QS Al Baqarah ayat 172 – 173  yang berbunyi ;

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَاشْكُرُوا لِلَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ [٢:١٧٢]
Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.

إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ بِهِ لِغَيْرِ اللَّهِ ۖ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلَا عَادٍ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ [٢:١٧٣]
Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Melalui ayat yat ini Allah swt bertanya kepada kita semua yaitu jika kita beiman kepadaNya maka ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya adalah :

1.      Kita dilarang menyembah apapun dan siapapun, kecuali Allah, karena hanya Dia lah yang berhak disembah.

2.      Di dalam mencari rezeki ( karunia ) Allah, maka harus dengan cara baik dan benar sesuai aturan main Allah dan RasulNya .

3.      Kita harus banyak bersyukur kepada Allah atas berbagai macam kenikmatan Nya yang telah kita nikmati bersama .

4.      Apabila ada sesuatu yang sifatnya darurat, misalnya karena tidak ada lagi sesuatu yang dimakan, atau untuk mengobati suatu penyakit karena tidak ada lagi obat lainnya, maka yang diharamkan itu bisa dihalalkan asalkan hanya sebatas kebutuhan saat itu .


5.      Allah itu Maha Pengampun, artinya Dia akan mengampuni hambaNya bagi siapapun yang memohon ampunanNya. Dan Dia juga Maha Penyayang artinya Dia amat menyayangi hambaNya.

1 komentar: