Minggu, 23 November 2014

SURAT AL BAQARAH AYAT 214




Allah swt befirman di dalam QS Al Baqarah ayat 214 – 215 yang artinya berbunyi

“ Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu ? “
“Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan ( dengan bermacam-macam  cobaan ) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya  “ Bilakah datangnya pertolongan Allah ? “ Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat “

Melalui ayat ayat ini Allah memberitahukan kepada kita semua bahwa Dia membuat surga dan neraka itu adalah untuk memenuhi janjiNya , yaitu setiap perbuatan itu akan ada imbalannya apakah baik atau buruk, semuanya diberi imbalan dan tidak akan dirugikan sedikitpun.

Sungguh janji Allah itu benar. Di tidak akan pernah ingkar janji sedikitpun. Semua apa yang telah ditetapkanNya tidak akan berubah sedikitpun sejak awal hingga akhir .

Contoh sederhana, kalau kita ingin makan nasi maka harus diawali dengan menanam bibitnya dulu, terus bila sudah cukup umur, baru di tebarkan di sawah. Kemudian dipelihara, bila ada rumput disekitar pohon padi maka harus dibersihkan, bila kurang air harus di airi, bila kurang sehat maka harus diberi pupuk. Setelah berbuah dan sudah waktunya di panen, maka barulah dapat hasilnya, namun belum bisa dimakan. Setelah diproses lagi dari biji padi hingga jadi beras, barulah ditanak. Setelah matang terus diangkat, masih belum juga bisa dimakan. Setelah di letakkan di piring dan tidak cukup panas, tidak akan membahayakan lidah dan mulut, barulah bisa dimakan. Itulah proses, dan proses inilah yang disebut ujian dan cobaan. Apabila setelah diuji dan dicoba ( yang memerlukan waktu ) ternyata lulus, barulah bisa menikmati hasilnya.

Hal inilah yang disampaikan melalui ayat ayat tersebut. Janganlah kita beranggapan karena kita rajin ibadahnya, rajin sadaqahnya, rajin puasanya dan rajin dakwahnya lalu berkeyakinan bahwa kita akan mendapatkan surga. Apakah ibadah yang telah kita kerjakan sudah sesuai dengan yang dikehendaki Allah dan RasulNya ? Itu hanya Allah yang tahu.

Ingat baik - baik semakin kita mendekati Allah maka semakin berat pula ujian dan cobaan datang kepada kita. Tapi kalau kita sudah yakin bahwa Allah itu Maha Adil, Dia tidak akan zalim terhadap hambaNya sedikitpun, maka setiap ujian dan cobaan yang datang itu akan dihadapinya dengan senyum simpul, tidak terasa berat.

Ujian dan cobaan yang datang kepada kita itu bila melihat para tokoh-tokoh pendahulu kita, tidak seberat dari apa yang telah mereka alami. Makanya untuk menghindari rasa putus asa hamba2Nya Allah sudah menyiapkan jawabannya kalau ada yang bertanya, “ Kapan datangnya pertolongan Allah ? “ Jawabannya adalah yakinlah anda bahwa “ pertolongan Allah itu sesungguhnya amat dekat. Dekat menurut ukuran Allah jangan disamakan dengan dekat menurut ukuran kita.

Semoga kita semua diberi kekuatan dan kesabaran di dalam menerima berbagai macam ujian dan cobaan dari Allah itu, sehingga semuanya dapat diatasi dengan mudah.

Aaaaminn  Ya  Rabbal  ‘aalamiin .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar