Rabu, 26 November 2014

SURAT AL BAQARAH AYAT 222 - 223



Allah swt berfirman di dalam QS Al Baqarah ayat 222 - 223 yang artinya berbunyi sebagai berikut ;

" Mereka bertanya kepadamu tentang Haid. Katakanlah, "Haid itu adalah kotoran" Oleh sebab itu hendaklah kamu menjaukan diri dari wanita di waktu haid ; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci . Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.
Isteri-isterimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, maka datangilan tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. Dan kerjakanlah (amal yang baik) untuk dirimu, dan bertaqwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemui-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman".

Melalui ayat ini Allah swt melanjutkan penjelasannya tentang masalah rumah tangga kepada kita semua, karena pada zaman N.Muhamamad saw ada yang bertanya kepada beliau apa yang harus mereka lakukan saat isterinya mengalami haid. Dan Allah memerintahkan beliau untuk menerangkannya   yaitu ;

1. Haid adalah hanya terjadi pada wanita. Apabila wanita datang haid berarti dia dalam keadaan kotor artinya kotorannya itu dibuang, jadi sedang dibersihkan atau disucikan.

2. Jadi selama wanita atau isteri anda dalam keadaan haid, maka janganlah anda mengajaknya untuk berhungan intim layaknya hubungan suami isteri.

3. Bila isteri anda sudah suci dan telah mandi junub atau mandi besar, maka anda diperbolehkan mengadakan hubungan dengannya, tapi janganlah dia diperlakukan seperti binatang, tapi perlakukan di dengan lembut dan sopan, karena dia bukan binatang, hanya sekedar pemuas hawa nafsu belaka.

4. Isteri anda itu adalah sebagai pelengkap untuk menyenangkan anda, sebagai pendamping anda. Maka perlakukan dia dengan penuh kasih sayang seperti yang dilakukan terhadap diri anda sendiri. Berilah dia kepercayaan, didiklah dia dalam hal agama kalau ternyata agamanya kurang. Karena bila anda meninggal, semuanya akan ditanyakan apa yang telah dilakukan selama hidup di dunia, termasuk salah satunya adalah perlakuan anda terhadap isteri anda.

5. Bila sebelum anda membaca ayat ini ternyata banyak prilaku yang menyimpang, maka segeralah mon ampunan-Nya dan bertobat kepada-Nya, dan perbuatan yang lama jangan terulang kembali.

6. Apabila hal ini dilakukan oleh anda dengan baik dan benar berarti anda sudah termasuk ke dalam golongan orang-orang yang bertaqwa, maka Allah akan memberikan sesuatu yang akan menggembirakan anda yaitu surga.

7. Surga itu di akhirat, kalau di dunia namanya apa ? Allah akan memberikan ketenangan, ketenteraman, kesejahteraan, kedamaian, kenikmatan, keselamatan, kesehatan, kelancaran, kemudahan, keimanan, hihayah, taufik, inayah, maunah dst ( yang baik-baik ).

Semoga kita semua bisa menjadi seorang suami yangbertanggung jawab. Bertanggung jawab terhadap diri sendiri, istri, keluarga dan terhadap Allah swt

Aaaaamiin  Ya  Rabbal 'Aalamiin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar