Kamis, 27 November 2014

SURAT AL BAQARAH AYAT 224 - 225



Allah swt berfirman di dalam QS Al Baqarah ayat 224  -  225  yang artinya berbunyi sebgai berikut ;

" Janganlah kamu jadikan (nama) Allah dalam sumpahmu sebagai penghalang untuk berbuat kebajikan, bertaqwa dan mengadakan islah di antara manusia. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui .
Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah) ,tetapi Allah menghukum kamu disebabkan (sumpahmu) yang disengaja (untuk bersumpah) oleh hatimu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun".

Melalui ayat ini Allah memberitahukan kepada kita bahwa janganlah kita bermain sumpah hanya sekedar untuk meyakinkan orang lain agar percaya, hanya sekedar untuk tujuan duniawi yang nilainya hanya sedikit, dengan menggunakan nama-Nya.

Misalnya bersumpahnya itu hanya untuk menipu orang lain demi tujuan yang akan dicapainya. Dia Maha Tahu apapun yang diperbuat hambaNya, Dia mengetahui rahasia di lubuk hati manusia yang paling dalampun walau baru hanya niat saja .

Bila sumpah itu dilakukan dengan tdk disengaja atau karena benar-benar gak tahu hukumnya, maka Allah akan mengampuninya asalkan orang tersebut memohon ampun dan segera bertobat kepada-Nya untuk tidak mengulanginya kembali .

Bila sumpah itu dilakukan dengan sengaja, maka harus membayar denda sesuai kesepakatan bersama dengan orang yang dizaliminya, apalagi kepada istri sendiri , juga sama. Pembayaran denda itu sesuai dengan apa yang diminta istrinya sesuai dengan kadar kesanggupan sang suami untuk membayarnya.

Bila pembayaran denda itu dianggapnya suatu kesempatan untuk membalas dendam karena merasa disakiti, maka sama saja sang sitri berbuat zalim kepada sang suami. Lakukanlah atas dasar kesepakatan bersama.

Semoga kita semua bisa menjaga mulut kita tidak hanya sekedar bicara, walaupun lidah dikatakan tidak bertulang. Melalui lidah itulah kita akan celaka atau akan selamat.

Aaaaamiin  Yaa  Rabbal  "Aaalamiin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar