Rabu, 31 Desember 2014

HIJRAH YANG BAIK DAN BENAR



HIJRAH YANG DIINGINKAN ALLAH DAN RASULNYA .
 Sejarah hijrahnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam beserta para sahabat dari Mekkah ke Madinah sudah sering dibahas. Juga sudah banyak disampaikan di dalam buku-buku sejarah. Lalu, untuk konteks kekinian kita, hijrah seperti apakah yang penting kita lakukan?

 Hijrah adalah jalan orang yang sukses. Allah Swt berfirman di dalam Al Quran, “Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta, benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.” (QS. At Taubah [9]: 20).

Hijrah artinya berpindah. Bisa pindah tempat, bisa pindah keyakinan, bisa pindah kedinasan dll.
Hijrah yang benar adalah berpindahnya seseorang dari sesuatu yang merugikan ke sesuatu yang akan menguntungkan baginya.

Hujrah keyakinan adalah hijrahnya seseorang yang tadinya berada di dalam kesesatan, berpindah ke jalan yang benar, yang diridhai Allah.
Menurut ayat di atas adalah hijrahnya seseorang yang tadinya dalam kekafiran , berubah menjadi beriman kepada Allah, tunduk, patuh, dan taat terhadap aturan main Allah dan RasulNya.

Kemudian berjihad di jalan Allah dengan harta, benda dan diri mereka. Artinya mau mengeluarkan harta bendanya di jalan Allah, seperti untuk menafkahi anak,istri/suami, keluarga, membantu family, menyantuni anak-anak yatim, membantu orang-orang yang amat lemah yang sudah tidak bisa bekerja lagi, karena dimakan usia atau sakit dsb.

Selain dari itu rela memberikan apa yang dicintainya kepada orang lain, yang masih layak dipakai atau dimanfaatkan. Dan syiar menyampaikan kebenaran kepada siapapun, atau menegakkan agama Allah.

Hal-hal yang tadi diuraikan itulah yang akan mengangkat derajat pribadinya di sisi Allah. Dan Allah akan memberikan perlindungan terhadapnya. Maka inilah orang-orang yang dianggap mendapatkan kemenangan di sisi Allah.

Olehkarena itu marilah kita berbuat semampu kita berusaha agar selalu berusaha untuk menjadi golongan orang-orang yang dimenangkan Allah. Baik untuk diri kita sendiri, keluarga kita agama kita masyarakat ,bangsa dan negara kita .


Aaaaamiin Yaa Rabbal’aalamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar