Senin, 29 Desember 2014

JANGAN SALAH MEMILIH TEMAN ( HIDUP ATAU BERGAUL )



RASULULLAH SAW MEMBERIKAN NASEHAT :

Dalam salah satu haditsnya Rasulullah Saw bersabda, Perumpamaan teman yang shalih dengan yang buruk itu seperti penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Berteman dengan penjual minyak wangi akan membuatmu harum karena kamu bisa membeli minyak wangi darinya atau sekurang-kurangnya mencium bau wanginya. Sementara berteman dengan pandai besi akan membakar badan dan bajumu atau kamu hanya akan mendapatkan bau tidak sedap”. (HR. Bukhari Muslim).

Saudaraku semuanya memang disamping tugas kita itu selalu kontak dengan Allah melalui ibadah shalat, zikir dan lain sebagainya. Juga kita mendapatkan tugas untuk bergaul dengan sesama manusia.

Dan dalam bergaul itu pastilah kita akan memilih teman yang sangat istimewa, istimewa, dan yang biasa. Tidak mungkin kita ingin berteman dengan orang yang berprilaku buruk.

Dan dari Hadist tersebut kita sudah diingatkan, apabila kita salah memilih teman, maka akan fatal akibatnya kepada diri kita sendiri.

Oleh karena itu kita diperintahkan oleh Nabi saw  agar pandai-pandailah memilih teman. Pilihlah teman yang akan membawa kebaikan dan keberuntungan bagi kita. Kebaikan dan keberuntungan disini bukan di mata manusia, akan tetapi di mata Allah.

Contoh andaikan kita sering berkumpul dengan para pemain judi, maka kita akan dicap sebagai penjudi. Padahal kita sendiri tidak bermain judi, tapi lagi berusaha bagaimanakah caranya agar para menjudi itu berhenti untuk berjudi.

Semoga kita semua bisa mengambil pelajaran hari Hadist yang telah disampaikan oleh Rasulullah saw ini, sehingga kehormatan dan nama baik kita selalu terpelihara dari hal-hal yang akan mentangkan keburukan bagi kita.


Aaaaamiin Yaa Rbbal’aalamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar