Kamis, 26 Maret 2015

KEUTAMAAN BERDOA

HIKMAH  DOA  

Doa merupakan sebagian daripada ibadah. Doa juga merupakan sebuah perisai dari berbagai hal keburukan. Dengan berdoa berarti menunjukkan kelemahan diri kepada Allah . 

Allah hanya akan mengabulkan doa sesuai dengan kehendakNya bukan kehendak hambaNya. Waktu pengabulan doa juga sesuai dengan kehendakNya diwaktu yang sangat tepat menurutNya.  

Jadi Dia Maha mengetahui  dan Maha Kuasa kapan dan bilamana  permintaan kita dikabulkan oleh-Nya. Bagi yang tidak pernah berdoa kepada Allah, berarti sudah di cap menjadi manusia yang sonmbong, maka Allah cepat atau lambat akan menghancurkan dirinya atas kesombongannya. 

Di dalam berdoa harus langsung kepada-Nya , dilarang menggunakan perantara dengan apapun atau siapapun, karena perbuatan ini sudah mengarah kepada syirik. 

Sebaik-baik doa itu adalah yang dibaca dalam keadaan shalat. Karena sebagain bacaan shalat itu adalah doa, seperti minta diberi ampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuatnya, diberi rahmat agar dalam hidupnya dinaungi keberkahan dan ridha-Nya, ditutupi aib dirinya karena sadar atau tidak sadar kita sering berbuat yang tidak sesuai dengan kehendak-Nya, diberi rezeki baik keluarga, harta, ilmu dan pekerjaan atau jabatan, diberi petunjuk yaitu petunjuk jalan yang lurus, diangkat derajatnya setinggi-tingginya di sisi-Nya dan dimaafkan dari segala kelalaiannya 

Shalat ini merupakan hubungan antara sang hamba dengan Khaliqnya. Dan ini hukumnya wajib, artinya bila dikerjakan mendapatkan pahala dari-Nya dan bila ditinggalkan akan mendapat kehinaan dan disiksa atau diazab oleh-Nya. 

Orang yang tidak mengerjakan shalat berarti tidak mau berhubungan dengan_nya alias sama saja sudah tidak membutuhkan-Nya. 

Semoga saja kita semua bisa memahami hakekat daripada doa. Dan dalam bermohon tidak salah langkah, Selain dari itu semoga kita semua diberi kekuatan untuk melaksanakan shalat wajib, agar kita diselamatkan dan diberi kebahagiaan di dunia dan di akhirat. 

Aaaamiin , Aaaamiin , Aaaamiin yaarabbal’aalamiin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar