Kamis, 26 Maret 2015

ALLAH ITU MAHA ADIL DALAM SEGALA HAL

UJIAN DAN COBAAN ITU SEBATAS KEMAMPUAN  

Alam semesta beserta segala isinya ini diperuntukkan untuk melayani manusia 
di seluruh dunia, termasuk kita semua. Allah telah member kita rumah di mana bumi sebagai lantainya dan langit sebagai atapnya. 

Di siang hari Allah menyinari dunia dengan matahari, namun di malam hari dengan rembulan dan berbagai macam bintang dengan berbagai macam warna warni cahayanya, laksana lampu hias. 

Di bumi terdapat berbagai macam isi untuk kebutuhan kita semua, agar kita 
bisa bertahan hidup di dunia sampai batas waktu yang ditentukan. Oleh karena itu kita harus bersahabat dengan alam. 

Dengan cara memanfaatkan sumber daya alam sesuai denga fungsi dan kegunaannya. Semuanya itu masih berbentuk bahan baku. Dari bahan baku 
untuk dirubah menjadi bahan jadi sesuai dengan kebutuhan kita, maka harus melalui proses. 

Tidak ada yang tidak melalui proses, tidak ada yang instant. Bila kita menghendaki yang instant berarti sudah menentang kodrat alam dan kodrat Allah. Maka hidupnya berada di dalam kesesatan yang nyata. 

Proses inilah yang dinamakan ujian dan cobaan. Termasuk keimanan seseorang juga akan diuji dan dicoba sudah seyakin apakah keimannya, sudah sedalam apakah keyakinannya terhadap Allah, sudahsetingkat apakah kesabaran kita dalam menghadapi ujian dan cobaan dari-Nya. 

Dia tidak akan menguji dan mencoba kita melebihi dari batas kesanggupan dan kemampuan kita. Oleh karena itu janganlah kita bersedih dan berputus asa bahwa apa yang dialami kita itu akan terjadi sepanjang hayat. Termasuk juga tentang kenikmatan, juga tidak selamanya. 

Semua yang ada di dunia ini tidak ada yang kekal, semuanya hanya bersifat sementara. Susah senang, kaya miskin, bahagia menderita dst akan datang silih berganti mendatangi kita seperti bergantinya malam ke dalam siang dan siang ke dalam malam. 

Semoga saja kita semua bisa memanfaatkan seluruh panca indera dan seluruh anggota tubuh kita untuk memahami Allah di dalam melaksanakan tugus hidup kita di dunia untuk meraih bekal hidup di akhirat sebanayak-banyaknya, sehingga kita tidak akan menyesal. Semoga kita diberinya kekuatan keimanan yang teguh di dalam menghadai berbagai macam ujian dan cobaan dariNya. 

Aaaamiin , Aaaamiin , Aaaamiin yaarabbal’aalamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar