Kamis, 26 Maret 2015

NIAT MERUPAKAN PKOK IBADAH

NIAT ADALAH PANGKAL POKOK IBADAH   

Apapun yang kita lakukan itu tergantung daripada niatnya , termasuk juga ibadah. Janganlah mengartikan ibadah dalam arti picik, akan tetapi harus dengan arti luas. 

Ibadahdalam arti picik yaitu hanya memakai baju kok,sarung,kopiah,bawa tasbih, pakaimukena,kemasjid,mushola,pengajian,marhabanan,tahlilan,solawatan. Jadi semuanya identik dengan kegiatan agama.

Lain dari itu bukan ibadah. Ini salah besar. Ibadah itu amat luas, semua yang mengarah kepada unsur kebaikan sudah termasuk ibadah. Jadi di rumah, di kantor/perusahaan, di sawah, di pasar, dimanapun kita berada bila tujuannya untuk kebaikan maka sudah dikategorikan ibadah. 

Ibadah yang dicatat oleh Allah yang bisa dijadikan bekal akhirat bila selalu diawali dengan niat karena Allah dengan mengikuti tuntunan Rasul-Nya. 

Tanpa diawali itu maka apa yang di dapat hanya untuk urusan dunia saja, adapun untuk urusan akhiratnya tidak ada. Tapi bila diawali yang seperti itu maka akhirat dapat dan dunia juga dapat. Tapi semua itu didasari keikhlasan karena Allah dan hanya untuk Allah. Jangan dicampur aduk dengan urusan rezeki. 

Masalah rezeki Allah sudah menetapkannya, asalkan kita bekerja dan berusaha pasti dapat rezeki. Jadi sekali lagi amal ibadah itu terikat dengan niat kita. Hasil dari amal ibadah ditentukan oleh bagaimana kita menempatkan niat di dalam hati ketika beramal ibadah. 

Semoga kita setiap akan melakukan segala sesuatu itu tidak lupa selalu diawali dengan niat karena Allah dengan mengikuti tuntunan RasulNya, dan semoga apapun yang kita lakukan itu ditujukan hanya untuk Allah dan karena  tulus dan ikhlas . 

Allah . Aaaamiin , Aaaamiin , Aaaamiin yaarabbal’aalamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar