Jumat, 25 Desember 2015

SIAPAKAH ANDA .....DAN .... SIAPAKAH ALLAH ?

KENALILAH DIRI  MAKA  AKAN KENAL ALLAH  

Marilah kita renungi bersama tentang siapa diri kita ini barang sejenak. Siapakah yang menciptakan diri kita ? Mengapa kita diciptakan ? Mengapa kita dikirim ke dunia ini ? Siapa yang mencukupi segala kebutuhan kita selama kita berada di dunia ( anggap saja sebagai kontrak ) ? Setelah kontraknya habis lalu kita mau kemana ? Tujuan akhir kita kemana ? Perlukah kita membawa bekal atau tidak ? Bila ya bekalnya berupa apa ?

Sungguh beberapa pertanyaan ini nampaknya sederhana, namun bila direnungkan maka mengandung makna yang amat dalam, hingga akhirnya kita akan tahu siapa diri kita. Bila kita sudah mengenal diri kita , maka otomatis kita akan mengenal siapakah yang melalkukan semua itu terhadap kita yaitu Allah subhanahuwata’ala.

Allah ta’ala berfirman di dalam QS An Nahl ( 16 ) : 73  yang artinya berbunyi :

Dan mereka menyembah selain Allah, sesuatu yang tidak dapat memberikan rezki kepada mereka sedikitpun dari langit dan bumi, dan tidak berkuasa (sedikit juapun). ( QS 16 : 73 )

Allah ta’ala berfirman di dalam QS Maryam ( 19 ) : 62  yang artinya berbunyi :

Mereka tidak mendengar perkataan yang tak berguna di dalam syurga, kecuali ucapan salam. Bagi mereka rezkinya di syurga itu tiap-tiap pagi dan petang. ( QS 19 : 62 )

Setelah kita membaca kedua ayat tersebut, maka kita ditanya oleh Allah. Anda kan sudah tahu siapakah yang menciptakan anda, yang menghidupkan anda, yang memberi kehidupan kepada anda. 

Apapun yang dilakukan anda dengan baik dan benar, Dia tidak minta imbalan apapun, sedikitpun kepada anda. Akan tetapi justru Dia ingin mengangkat derajat anda ke tempat yang tertinggi di sisiNya, agar anda hidup senang di dunia dan bahagia di akhirat.

Namun sungguh sangat disayangkan ternyata sebagian besar dari anda itu menentangNya. Apapun yang telah diberikan, tidak disyukurinya, aturan mainnya dianggap kuno/ dilalaikan, agama yang dibawaNya disepelekan, Al Qur’an tidak mau dikajinya. Sekali lagi sungguh sangat disayangkan.

Akan tetapi Dia itu Maha Penyabar dan Maha Kasih sayang, Dia tetap menunggu kapan anda mau bertobat, kapan anda mau memohon ampunanNya, pintu tobat dan pintu ampunan selalu terbuka lebar lebar buat anda, bagi yang mau. Jangan menggu pintu-pintu itu tertutup, sebab kalau sudah tertutup, maka tidak akan dibuka lagi untuk anda.

Ingat yang menolong anda selama ini bukan perusahaan dimana anda bekerja, bukan pula sawah ladang yang anda Tanami tetumbuhan, , bukan kebun kebun anda , bukan took dimana anda berjualan , bukan pula ketrampilan dan keahlian yang andamiliki, akan tetapi semua itu berkat pertolonganNya.

Jadi sungguh alalngkah bodohnya bila anda masih meminta bantuan kepada siapapun dan di manapun kepada selain Dia. Semua itu tidak aka nada manfaatnya, bahkan apa yang telah anda miliki yang tadinya sudah baik, akan menjadi kotor dan ditolak olehNya.

Di dunia saja Dia sudah memberikan rezeki dan kenikmatan yang luar biasa, apalagi di akhirat akan jauh lebih dari apa yang didapatkan di dunia ini. Asalkan syarat-syarat yang Dia minta dipenuhi. Yaitu berpedomanlah hidup kepada kitabNya ( Al Quran ) dan ikutilah apapun yang telah disampaikan oleh RasulNya ( Hadits )


Semoga kita semua bisa mengikuti petunjukNya agar kita tidak tersesat jalan dan agar kita bisa menjadi orang yang selamat di dunia dan bahagia di akhirat atas izin, barakah dan ridoNya. 

Aaaamiin Yaa Rabbal’aalamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar