Jumat, 25 Desember 2015

YANG DIJELASKAN ( FUSHSHILAT ) bagian ke 1

YANG  DIJELASKAN ( FUSHSHILAT ) bagian ke 1

Apakah yang dijelaskan itu ? Yang dijelaskan itu adalah Kitab Allah ( Al Qur’an ). Kenapa harus dijelaskan ? Karena ayat ayat Al Qur’an itu isinya padat,singkat, dan jelas namun ada juga yang harus dijelaskan karena artinya masih samar-samar, sehingga diperlukan penjelasan yang lebih luas. 

Lalu untuk siapakah Al Qur’an tersebut ? Tidak lain adalah untuk seluruh manusia yang beragama Islam ? Kenapa yang ditekankan hanya orang Islam saja ? Karena agama Islam adalah sebagai agama yang terakhir diperuntukkan bagi manusia ( Innad diina indallahil Islaam ). 

Dan Islam sebagai agama yang paling sempurna sebagaimana Allah berfirman di dalam QS Al Maaidah ayat 3 yaitu

Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. ( QS 5 : 3 )

Kita semua setiap ingin memiliki sesuatu atau apapun pasti akan memilih yang terbaik dan yang sempurna. Mengapa demikian ? Karena agar tidak ada sesuatu yang mengganjal dihati.

Islam sebagai agama yang terakhir, berarti setelah turun Islam maka sudah tidak ada lagi agama dan Muhammad sebagai Rasul yang terakhir ( yang membawa kitab Qur’an ) ini berarti sudah tidak ada Rasul lagi. Jadi bila ada manusia yang mengaku sebagai Rasul, jelas akan bertentangan dengan ayat ini. Alias orang itu sudah tidak benar secara hukum Allah.

Setelah Allah membuat keputusan maka selama dunia ada , tidak akan rubah keputusan tersebut. Seperti Al Qur’an ini dari dulu sampai sekarang isi kandungannya tidak rubah sedikitpun.

Yang berubah itu hanya penyampaian Qur’an saja, diuraikan oleh si penyampai, tergantung dari wawasan dan cara pandang si penyampai, namun isi kandungan ayatnya tidak berubah sama sekali sampai akhir jaman.

Itulah kenapa Islam disebut agama yang sempurna .  Yang mengatakan sempurna itu siapa kalau bukan Allah sendiri. Kalau boleh dibilang Allah berkata. “ Ini lho barang yang terbaik buatmu yang akan menyelamatkan hidupmu dan akan membahagiakan dirimu selama kamu berada di dunia maupun ketika kamu berada di akhirat “.  

Kemudian Allah memberikan kepada manusia itu cukup, cukup, cukup sekali lagi cukup. Yang namanya cukup itu tidak lebih apalagi kurang . Cukup itu indah dan adil. Tidak ada yang dirugikan dan diuntungkan.

Jadi manusia jika ingin memiliki berlebihan dalam segala hal, jelas itu bukan watak manusia, akan tetapi hawa nafsu yang telah menguasainya. Setan telah mempengaruhinya. Setiap manusia yang mempunyai keinginan yang berlebih pasti akan ada akibatnya. Dan tentunya akibat itu adalah suatu keburukan bagi dirinya.

Dan Allah telah membuat pernyataan bahwa “telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu “ Artinya walaupun sebelum Islam datang sudah ada agama-agama lain, tapi begitu Islam datang, maka semua manusia seharusnya memilih agama yang terakhir yang sudah ditentukan oleh Allah.


Jadi bila sampai sekarang masih banyak manusia yang memeluk agama selain Islam, maka jangan menyalahkan Allah. Akan tetapi mereka harus menyalahkan dirinya sendiri apabila kelak terjadi sesuatu yang buruk terhadapnya. 

Mengapa sebelum melangkah ke surat Fishshilat diberikan penjelasan terlebih dahulu apa itu Quran dan apa itu Islam berdasarkan ayat di atas. Masalah Rasul akan dijelaskan nanti di dalam surat Fushshilat. Agar kita di dalam mengkaji surat Fushshilat itu sudah tidak ada keraguan sedikitpun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar