Senin, 16 Januari 2017

SEMUA YANG BAIK ITU BUTUH PROSES .

Asslamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Selamat malam sobat BUTIR

Salam dan bahagia.

Mari kita lanjutkan materi tentang UNIVERSITAS KEHIDUPAN .

SEMUA YANG BAIK ITU BUTUH PROSES.

Saudaraku semua yang baik hati Allah setiap menciptakan sesuatu itu selalu bertahap , yaitu melalui proses yang berkesinambungan.

Contohnya kita manusia tidak langsung terus dewasa. Tetapi melalui proses yang bermula dari bentuk air mani, lalu berubah menjadi janin , kemudian menjadi bayi, lalu menjadi anak-anak, akhirnya menjadi dewasa .

Demikian juga tanaman. Dimulai dari biji. kemudian timbul tunas, batang , daun dst sampai akhirnya berbunga dan berbuah.

Baik atau buruknya kualitas manusia ataupun tumbuhan setelah dewasa nanti, sangat ditentukan oleh proses pemeliharaan atau bekal yang diterimanya dari sejak dini .

Kualitas manusia di dunia , ditentukan sejak mulai berada dalam perut ibunya. Sang ibu memakan makanan yang bergizi agar kelak bayinya sehat .

Kemudian bayinya diberi makanan yang yang baik, serta dijaga kesehatannya. Selanjutnya anak dilengkapi dengan gizi dan bekal pendidikan yang cukup, di sekolahkan yang tinggi, hingga pada akhirnya dia menjadi orang .

Tumbuhanpun demikian. Tumbuhan dipelihara sejak kecil, diberi pupuk , disiram , disiangi , dilindungi dengan anti hama,akan menentukan kualitas pada saat ia berbunga atau berbuah nanti.

Demikian pula Allah menjadikan eksistensi di akhirat . Kualitas manusia di akhirat nanti , akan ditentukan setelah manusia melalui proses ujian demi ujian terhadap ketaatannya pada Allah selama di dunia.
Kualitas manusia akan nampak terlihat jelas setelah mengatasi ujian demi ujian yang dihadapi, mampukah mengikuti perintah Allah ? Ataukah membangkang ?

Allah swt berfirman di dalam QS An Nisaa [ 4 ] : 13 - 14 . yang artinya

" ............ Barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya kedalam surga yang mengalir didalamnya sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah kemenangan yang besar.
Dan barangsiapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar ketentuan-ketentuan-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam api neraka sedang ia kekal di dalamnya; dan baginya siksa yang menghinakan."

HIKMAH :

1. Tidak ada sesuatu yang baik itu dihasilkan secara instant ;

2. Segala yang instant mungkin saat itu bisa saja baik tapi yang jelas tidak akan tahan lama alias tidak sempurna.

3. Sesuatu hal yang dihasilkan secara instant bisa jadi akibat adanya penyimpangan ;

4. Hasil yang terbaik dan sempurna hanya bisa didapat bila dilakukan melalui proses atau tahapan demi tahapan.

Semoga ini bermanfaat buat kita semua aaaamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar